10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi, Banyak yang Mudah Ditemui!

10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi, Banyak yang Mudah Ditemui!


10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi, Banyak yang Mudah Ditemui!

Vitamin C dikenal sebagai salah satu jenis vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, masyarakat mulai sadar akan pentingya mengonsumsi makanan sehat termasuk makanan yang mengandung vitamin C.

10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi (Dok WHO)
10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi (Dok WHO)

Dan sebelum sibuk mencari suplemen vitamin C yang dijual di pasaran, tahukah kamu jika kandungan vitamin C yang tinggi dapat sangat mudah ditemukan pada beberapa jenis makanan sehari-hari?

Berikut ini, Suara.com rangkum 10 jenis makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi yang trlah dilansir dari informasi pedoman WHO.

1. Jambu biji
Buah yang sangat mudah ditemui dan dijual murah di Indonesia ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada jeruk yang digadang-gadang sebagai sumber vitamin C. Pada satu cangkir jus buah jambu biji, terdapat setidaknya 377 mg kandungan vitanin C dan 112 kalori.

2. Paprika
Paprika merupakan tumbuhan penghasil buah yang meniliki citarasa gabungan antara manis dan sedikit pedas. Paprika masuk dalam jenjs terong-terongan atau Solanaceae. Paprika ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yaitu 190 mg vitamin C per satu cangkir dengan kandungab 46 kalori.

3. Kiwi
Di jajaran tiga besar makanan yang mengandung vitamin C adalah buah kiwi. Buah hijau segar dari Selandia Baru ini mengandung 167 mg vitamin C per cangkir dengan kandungan kalori 110.

4. Stroberi
Stroberi sudah lama dikenal sebagai salah satu buah sumber vitamin C yang sangat tinggi. Buah merah yang sangat digemari segala usia ini dapat diolah dengan berbagai cara mulai dari dijadikan selai, dijadikan jus hingga dimakan mentah-mentah. Ternyata, satu cangkir stroberi setidaknya mengandung 98 mg vitamin C dan 53 kalori.

5. Jeruk
Si buah yang populer sebagai sumber vitamin C ini ternyata masuk jajaran lima besar sebagai makanan dengan vitamin C paling tinggi. Satu cangkir jeruk memiliki setidaknya 96 mg vitamin C dan 85 kalori.

6. Pepaya
Murah dan mudah ditemukan. Sayangnya tak semua oranc menyukai atau bahkan sadar akan manfaat besar dari pepaya. Selain ampuh melancarkan BAB, buah pepaya juga tinggi kandungan vitamin C yaitu dengan 88 mg vitamin C dan 62 kalori. Yuk perbanyak makan pepaya!

7. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang masuk kategori kubis-kubisan. Sayuran yang tersedia dalam dua jenis warna ini mengandung setidaknya 81 mg vitamin C dan 31 kalori.

8. Tomat
Tomat buat atau sayur? Terlepas tari itu semua, kita sepakat bahwa tomat merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi. Tomat memiliki kandungan 55 mg vitamin C per cangkir dan 43 kalori.

9. Kale
Kale atau kubis keriting termasuk dalam kelompok kubis yang ditanam untuk daunnya yang dapat dimakan, meskipun beberapa digunakan sebagai tanaman hias. Tumbuhan kale memiliki daun berwarna hijau atau ungu, dan daun pusatnya tidak membentuk kepala. Kale memang tidak sepopuler kubis yang lain. Namun demikian, kale memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yaitu sekitar 53 mg vitamin C dan 36 kalori.

10. Kapri
Kapri atau kacang kapri adalah sejenis tumbuhan sayur yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional Indonesia. Kapri termasuk dalam golongan sayur buah, artinya buahnya yang dimakan sebagai sayur dan tidak digolongkan sebagai buah-buahan, seperti juga tomat atau cabai. Kapri masuk jajaran sebagai makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi yaitu 38 mg vitamin C per cangkir dengan 26 kalori.