Jakarta () – Sebanyak 23 pemain dipanggil mengikuti pemusatan latihan (pelatnas) tim nasional bola basket Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2021 Vietnam yang akan digelar pada 12-23 Mei.

Dari 26 nama yang dirilis, mayoritas merupakan pemain-pemain senior yang sudah biasa memperkuat timnas Indonesia dalam berbagai kejuaraan internasional, seperti Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, dan Hardianus Lakudu.

Namun tak sedikit pula pemain-pemain muda yang diberi kesempatan mengikuti pelatnas bersama timnas, lain Yudha Saputera, Ali Bagir, Yesaya Saudale, Muhammad Arighi, Hendrick Yonga, dan Dame Diagne.

Tak hanya itu, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) juga sengaja mendatangkan langsung pemain-pemain yang berkarier di luar negeri untuk mengikuti pelatnas timnas dalam menatap SEA Games Vietnam, demikian diumumkan Perbasi dalam Instagram resminya.

Pemain-pemain tersebut adalah Derrick Michael yang sedang mengikuti NBA Global Academy, pemain naturalisasi yang bermain di NBA G-League Marques Bolden, Brandon Jawato yang bermain dalam liga basket Jepang, Agassi Go yang sedang studi di Spanyol, dan pemain muda Fatih Respati yang tengah menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

Sementara itu, pemain naturalisasi Lester Prosper dipastikan absen karena masih terikat kontrak dengan klubnya di Liga Taiwan.

Kegiatan pelatnas untuk SEA Games akan dimulai 11 April di Jakarta. Pemain yang dipanggil mengikuti pelatnas ini tidak hanya dipersiapkan untuk SEA Games 2021, tetapi juga FIBA Asia Cup 2022 pada Juli mendatang.

Menyoal target di Vietnam, PP Perbasi menargetkan timnas basket 5×5 putra Indonesia menembus final atau setidaknya meraih perak, untuk mengulang pencapaian SEA Games Filipina 2019.

Berikut atlet yang dipanggil masuk pelatnas basket SEA Games 2021: Andakara Prastawa, Hardianus Lakudu, Yudha Saputera, Widyanta Teja, Arki Dikania Wisnu, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, Agassi Go.

Kemudian Muhammad Arighi, Aldy Izzatur, Sulthan Fauzan, Marques Bolden, Vincent Kosasih, Kelvin Sanjaya, Kevin Yonas Sitorus, Juan Laurent, Ali Bagir, Fatih Respati, Dame Diagne, Yesaya Saudale, Hendrick Yonga, Serigne Kane, Derrick Michael.

Baca juga: PSSI: Timnas U-23 TC di Korea Selatan untuk SEA Games 2021

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022