6 Menu Sarapan Kombinasi Buah Ini Punya Manfaat Besar Bagi Tubuh Lho!

6 Menu Sarapan Kombinasi Buah Ini Punya Manfaat Besar Bagi Tubuh Lho!

Sarapan jadi salah satu langkah penting untuk memulai hari. Jika Anda merasa tak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan, cukup pilih buah untuk disantap.

Buah termasuk makanan sehat yang mudah dicerna oleh tubuh. Bukan hanya sehat bagi sistem pencernaan, buah juga bermanfaat untuk imunitas dan kecantikan.

Tetapi ahli menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari satu jenis buah. Tujuannya agar nutrisi dan vitamin yang didapat juga lebih lengkap.

Dilansir dari Healthline, Anda bisa mencoba enam menu kombinasi buah di bawah ini yang memiliki manfaat berbeda-beda!

Baca Juga:
Cerita Hilary Duff Minum Smoothies Campur Plasenta Bayi: Jijik tapi Keren!

Ragam smoothies. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

1. Anti inflamasi: cherry, nanas, blueberry
Nanas kaya dengan vitamin C dan mengandung enzim yang disebut bromelain. Enzim tersebut dipercaya dapat mengurangi peradangan usus, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein.

Cobalah menggabungkan dengan blueberry yang sarat dengan antioksidan dan vitamin A , C, dan E serta antosianin. Antosianin adalah pigmen yang larut di air dan secara alami terdapat di berbagai jenis tumbuhan. Ambil beberapa ceri asam karena terbukti mengandung senyawa fenolik dalam jumlah yang lebih tinggi. Juga memberikan efek anti-inflamasi yang lebih kuat.

2. Penambah kekebalan: Jeruk bali, Kiwi, Stroberi
Merasa sedikit lesu? Kiwi, jeruk bali, dan stroberi dapat meningkatkan sistem kekebalan yang dibutuhkan agar Anda tetap sehat. Buah kiwi kaya akan vitamin C, membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

Jeruk bali dan stroberi juga mengandung vitamin C, bahkan lebih banyak daripada jeruk. Manfaatnya dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit. Kaya vitamin A dan C, biji stroberi juga mengandung mineral yang mendukung fungsi kekebalan tubuh.

3. Antioksidan: Ara, Anggur Merah, Delima
Ketiga buah ini kaya akan antioksidan dan senyawa yang mampu melawan penyakit dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memiliki efek awet muda. Resveratrol dalam anggur merah menawarkan sifat antioksidan dan anti-penuaan yang kuat dan bantu memerangi penyakit dan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga:
5 Fakta Unik Smoothies: Baik untuk Diet Hingga Berbahan Sperma

Anggur juga tinggi lutein dan zeaxanthin yang menjaga penglihatan kita tetap kuat dan dapat meminimalkan efek berbahaya dari sinar ultraviolet. Delima mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah dan dapat membantu membalikkan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

  • «
  • 1
  • 2
  • »