Banda Aceh () – Kontingen Aceh menargetkan raihan satu medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada 27 September s.d. 8 Oktober nanti.

"Persiapan atlet 90 persen. Mereka berangkat pada 24 September mendatang. para atlet siap bertanding dengan target satu medali emas," kata Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Aceh Muhammad Saleh di Banda Aceh, Selasa.

Saleh menyebutkan Aceh meloloskan tiga atlet panjat tebing ke PON XX. Ketiga atlet yakni Adek Adriantos dan Musauwir di kategoti putra serta seorang atlet putri yakni Mega Lestari.

Menurut Saleh, target satu medali emas tersebut sesuai dengan hasil Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bengkulu pada 2019. Di ajang tersebut, Aceh meraih satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Sebelumnya, Muhammad Saleh mengatakan FPTI Aceh mendatangkan mantan atlet panjat tebing nasional yakni Fajri Azhari dan Tita Supita untuk memenuhi target tersebut.

Fajri Azhari merupakan atlet nasional asal Aceh yang pernah memperkuat Indonesia di sejumlah kejuaraan panjat tebing internasional

"Atlet atas nama Musauwir saat ini sedang berlatih di Jakarta. Yang bersangkutan masuk pelatnas. Sedangkan dua atlet lainnya, mengikuti pemusatan latihan di Banda Aceh," kata Muhamad Saleh.

Baca juga: Panjat Tebing Kalbar targetkan medali emas di PON Papua
Baca juga: Kemkominfo harap pemberitaan PON juga angkat sisi lain Papua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © 2021