Agar Perjalanan Lebih Aman, Singapore Airlines Merilis ‘Paspor Covid-19’

Agar Perjalanan Lebih Aman, Singapore Airlines Merilis 'Paspor Covid-19'

Penularan virus corona Covid-19 sangat berisiko di ruangan yang tertutup, tak terkecuali alat transportasi. Mengingat durasi perjalanan yang lama, bepergian antarnegara dengan pesawat pun dikhawatirkan dalam menularkan virus.

Karenanya, inisiatif baru diambil oleh banyak maskapai penerbangan untuk menjaga keselamatan penumpang.

Dilansir dari WION News, Singapore Airlines akan menjadi maskapai penerbangan pertama yang akan segera mulai mengeluarkan kartu sehat digital bagi mereka yang aman dari Covid-19 atau disebut dengan ‘paspor Covid-19’.

Singapore Airlines (SIA) pada Rabu (24/12/2020) mengatakan bahwa mereka telah memulai proses verifikasi kesehatan digital baru, yang akan menjadi yang pertama berdasarkan kerangka Travel Pass dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Baca Juga:
Hoaks atau Fakta, Varian Baru Virus Corona Tak Terdeteksi Tes Swab PCR?

Dikatakan bahwa ini akan memungkinkan pelanggan untuk “menyimpan dan menyajikan informasi terkait tes Covid-19 dengan aman, serta status vaksinasi mereka di masa depan.”

Pelanggan yang menjalani tes Covid-19 di klinik terpilih di Jakarta dan Kuala Lumpur akan diberikan “sertifikat kesehatan digital atau kertas dengan kode QR”.

Maskapai lebih lanjut mengatakan bahwa petugas bandara Singapura akan memverifikasi keaslian sertifikat ini melalui aplikasi seluler. Ini demi memastikan bahwa penumpang yang masuk memenuhi persyaratan masuk negara.

Awalnya, layanan ini akan ditawarkan kepada penumpang yang bepergian dari Jakarta atau Kuala Lumpur ke Singapura mulai 23 Desember. Jika terbukti berhasil, layanan akan diperluas ke kota-kota lain juga, kata maskapai tersebut.

SIA juga mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengintegrasikan kerangka Travel Pass sepenuhnya ke dalam aplikasi seluler SingaporeAir mulai sekitar pertengahan 2021.

Baca Juga:
Pemerintah Koordinasi Terus Buat Pastikan Kesiapan Logistik Vaksin Covid-19