Jakarta () – Pebalap tim Toyota Gazoo Racing Nasser Al-Attiyah mengamankan pole position provisional untuk etape pertama Reli Dakar 2022 setelah memenangi etape prolog di Jeddah menuju Ha'il, Arab Saudi, pada Sabtu.

Pebalap Qatar yang mengincar gelar keempatnya dalam ajang reli paling tangguh di dunia itu menyelesaikan special stage sepanjang 19km hari itu dengan catatan 10 menit 56 detik.

Al-Attiyah mengalahkan juara Dakar tiga kali Carlos Sainz yang finis 12 detik lebih lamban saat pebalap Spanyol ini debut mengendarai mobil hybrid Audi RS Q e-tron.

Saat Sainz mampu menunjukkan kecepatan mobil baru Audi pada hari pembuka, rekan satu timnya justru terseok-seok ketika juara 14 kali Dakar Stephane Peterhansel terpaut satu menit 12 detik pada peringkat ke-14.

"Pada start spesial ini, ketika kami melihat hitung mundur, cukup emosional karena kami telah bekerja keras selama beberapa bulan terakhir," kata Peterhansel dikutip laman resmi Dakar.

"Kami sangat berhati-hati… tapi mobil ini terasa baik dikendarai. Pengalaman yang menyenangkan dan itu sangat penting.

"Ini mengonfirmasi semua data yang kami lihat selama tes. Mobil ini baik untuk melaju di atas gunung pasir. Kami ingin menghindari finis peringkat 10 besar agar tidak perlu membuat pilihan (urutan start), jadi saya berjalan sangat lamban," kata sang juara bertahan.

Brian Baragwanath finis ketiga untuk tim Century Racing saat juara dunia reli sembilan kali Sebastian Loeb terpaut 37 detik untuk melengkapi finis lima besar untuk tim BRX di belakang Henk Lategan dari tim Toyota Gazoo.

Peringkat 10 besar dalam prolog tahun ini, untuk pertama kalinya, mendapat kesempatan memilih posisi start untuk etape  Minggu.

"Saya tak ngotot karena saya tidak ingin kehilangan segalanya di etape pertama, tapi co-driver saya dan saya sangat waspada," kata Loeb yang menjalani upaya keenamnya di Dakar tersebut.

"Pilihan (posisi start) kami besok akan bergantung dengan siapa yang ada di depan kami. Tapi satu yang pasti, kami tidak akan start mendekati posisi terdepan."

Pereli tuan rumah Yazeed Al-Rajhi finis keenam untuk tim Toyota Overdrive yang terpaut dua detik dari juara 2014 Nani Roma dari tim BRX.

Baca juga: Stephane Peterhansel juara Reli Dakar untuk ke-14 kalinya

Giniel de Villiers menjadi wakil ketiga tim pabrikan Toyota yang finis sepuluh besar saat finis urutan kedelapan di depan Jakub Przgonski yang mengendarai mobil buggy Mini.

Orlando Terranova memastikan ketiga mobil Prodrive tim BRX pada peringkat sepuluh besar.

Etape 1B pada Minggu akan menempuh spesial stage sepanjang 333km mengitari Ha'il.

Sementara itu rookie terbaik kategori sepeda motor tahun lalu Daniel Sanders finis menyelesaikan etape prolog dengan catatan 55 menit 30 detik sebagai yang tercepat untuk tim GasGas, mengalahkan Pablo Quintanilla dari tim Monster Energy Honda dengan selisih tepat satu menit.

Ross Branch membawa Yamaha ke peringkat tiga dengan mengalahkan juara bertahan Kevin Benavides dari tim KTM dengan selisih lima detik.

Matthias Walkner melengkapi lima besar setelah finis di belakang rekan satu timnya tersebut.

Baca juga: Pierre Cherpin meninggal dunia setelah kecelakaan di Reli Dakar
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022