Api di Kilang Balongan 3 Hari Masih Nyala, Ahok : Tanya ke Direksi

Kilang minyak PT Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dinihari, (29/3/2021). Insiden kebakaran ini pun masih terjadi hingga saat ini atau dihari ketiga, setidaknya ada 4 kilang yang sudah habis di lalap si jago merah.

Saat ditanyakan mengapa proses pemadaman tak kunjung usai, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun berbalik menanyakan kenapa proses pemadaman Kilang Balongan membutuhkan waktu yang lama.

“Bisa tanya ke Direksi kenapa tidak padamkan cepat?” kata Ahok kepada Suara.com, Rabu (31/3/2021).

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turun tangan mencari tahu penyebab kebakaran di tangki T-301G area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga:
Tunggu Api Padam, Puslabfor Mabes Polri Standby di Balongan

Kementerian telah menerjunkan Inspektur Migas di lokasi kejadian yang dipimpin oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Migas selaku Kepala Inspeksi Migas Wakhid Hasyim.

“Penyebab kejadian akan diinvestigasi setelah kebakaran berhasil diatasi. Saat ini Inspektur Migas sudah berada di tempat kejadian untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan, “ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Insiden di Kilang Balongan yang menyebabkan kebakaran pada tangki T-301G, merembet ke 3 unit tangki lainnya yaitu T-301E, T-301F, T-301G dan T-301H yang terletak di dalam 1 bundwall .

Berdasarkan informasi awal, pada saat kejadian sedang turun hujan deras bersama petir. Saat ini, fokus tim kebakaran adalah memadamkan api dengan menggunakan busa serta dilakukan pendinginan pada tangki-tangki di sekitar tangki yang terbakar.

“Tangki yang terbakar sudah dilakukan isolasi dan tidak merambat ke tangki yang lain. Kondisi terkini yang bisa dilokalisir di dalam bundwall , dilakukan pendinginan area sekitar tangki terdampak,” kata Tutuka.

Baca Juga:
Data Internal Pertamina Diretas, Pengamat Sebut Keamanan TI BUMN Buruk

Tim pemadam kebakaran ( Fire Fighting ) terdiri dari Tim Pemadam RU VI dan dibantu tim dari RU IV Cilacap, TBBM MOR III, RU III Plaju, Tim Plumpang Jakarta, PJB PLTU Indramayu, Tim Damkar Kab Indramayu.

  • «
  • 1
  • 2
  • »