Serang () – Kontingen Banten mengandalkan 14 cabang olahraga untuk mendulang medali dari 37 cabang olahraga yang diikuti provinsi ini pada PON XX di Papua yang mempertandingkan 56 cabang olahraga. 

"Ada 14 cabang olahraga yang diunggulkan Banten, mudah-mudahan mendapatkan emas semuanya. Minimal kita mempertahankan prestasi pada saat PON Jawa Barat lalu dengan raihan 11 emas, 10 perak dan 26 medali perunggu," kata Ketua Bidang Humas KONI Banten Yosa Sayata di Serang, Sabtu.

Ia mengatakan, 14 cabang olahraga unggulan Banten tersebut adalah angkat besi, binaraga, atletik, bulu tangkis, gantole, gulat, judo, karate, layar, muaythai, panahan, panjant tebing, paralayang, dan terbang layang.

"Pada dasarnya semua cabor berpeluang meraih medali, karena mereka yang kita kirim ke Papua adalah yang meraih 3 besar di Pra PON atau babak kualifikasi," kata Yosa.

Ia mengatakan, pada PON jawa barat 2016 lalu Banten mendapatkan 11 medali emas yakni dari cabang atletik, drumband, berkuda, gantole, gulat, layar, panahan dan paralayang.

"Meski ada yang lolos PON dari babak kualifikasi tapi bukan ranking 1,2 atau 3, maka mereka tidak dikirim ke PON Papua," kata Yosa menambakan.

Banten pada PON XX Papua mengirimkan sebanyak 261 orang atlet yang terdiri dari 194 atlet putra dan 67 atlet putri. Adapun cabang olahraga yang diikuti atlet Banten pada PON Papua sebanyak 37 cabang olahraga dari 56 cabang yang dipertandingkan di PON Papua.

"Bagi atlet yang berprestasi, kemarin saat pelepasan sudah dijanjikan oleh Pak Wagub akan diberikan bonus meskipun besarannya belum disampaikan. Kalau saat PON Jawa Barat lalu, untuk atlet peraih medali emas diberi apresiasi Rp200 juta, perak Rp150 juta dan perunggu Rp75 juta. Nah untuk PON Papua ini saya belum tahu berapa yang akan diberikan oleh pemprov," kata Yosa.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy optimistis kontingen Banten bisa masuk 10 besar pada ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Insya Allah 10 besar. Mohon warga Banten ikut mendoakan," kata Andika saat melepas kontingan Provinsi Banten di PON Papua, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, di Serang, Kamis (9/9).

Menurut Andika, pada PON XIX 2016 Kontingen Banten berhasil meraih peringkat 13 besar, sehingga menjadi relevan jika pada PON XX di Papua Kontingen Banten dapat masuk peringkat 10 besar. 

Pewarta: Mulyana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © 2021