Benarkah Vitamin dan Mineral Bisa Cegah Virus Corona?

Benarkah Vitamin dan Mineral Bisa Cegah Virus Corona?

Sejak pandemi virus corona Covid-19 terjadi, para ilmuwan dan peneliti medis terus mengembangkan pengobatan yang aman dan efektif.

Berbagai penelitian di masa lalu pun telah mengklaim bahwa nutrisi dan vitamin bisa membantu menangkal infeksi virus corona Covid-19.

Tapi, anggapan bahwa vitamin dan mineral mencegah virus corona masih dalam pengamatan dan belum bisa dipastikan efektivitasnya.

Mulanya, para ahli medis mendesak semua orang untuk meningkatkan asupan suplementasi mikronutrien. Karena, semua orang perlu memperhatikan sistem kekebalan tubuhnya di tengah pandemi.

Baca Juga:
Studi: Vitamin Tertentu Mungkin Bisa Turunkan Risiko Covid-19 Perempuan

Sementara itu dilansir dari Times of India, para ahli tetap menyarankan jaga jarak sosial, memakai masker dan membersihkan permukaan dengan disinfektan sebagai langkah pencegahan utama.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Dokter pun terus mendorong pasien virus corona Covid-19 menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat dengan nutrisi dan vitamin yang kuat, seperti vitamin C dan seng.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Vitamin ini telah berhasil mencegah infeksi virus dan bakteri tertentu di masa lalu.

Tapi, belum banyak yang bisa ditentukantentang kaitannya dengan virus corona Covid-19. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition, vitamin C bisa membantu mencegah virus corona Covid-19 dan mengurangi reaksi peradangan parah.

Baca Juga:
Vaksin Pfizer, Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Efektif?

2. Vitamin D

  • «
  • 1
  • 2
  • »