Best 5 Oto: Kaca Film Nyaman di Musim Hujan, Huqvarna Mendarat di Filipina

Best 5 Oto: Kaca Film Nyaman di Musim Hujan, Huqvarna Mendarat di Filipina

Filipina, Huqvarna, kaca film, musim hujan, banjir, Yamaha , servis gratis, sepeda motor, E-TLE, kota masa depan, Jepang, dan Woven City, menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang dipetik dari tayangan akhir pekan kemarin.

Bencana alam di Majene dan Mamuju telah menggerakkan hati Yamaha Indonesia. Salah satu bentuknya adalah membuka posko penanganan servis sepeda motor. Dibuka gratis bagi konsumen yang mengalami kendala dengan tunggangannya pun terhambat aktivitasnya akibat air bah dan gempa, layanan ini berlaku untuk semua merek. Simak lokasi dan waktu beroperasinya di Kalimantan Barat dan Sulawesi Barat.

Masih seputar kondisi cuaca yang tidak bersahabat, mengemudikan mobil di musim hujan memiliki tantangan tersendiri. Utamanya jarak pandang atau visibilitas. Bagaimana cara menanganinya: salah satu cara adalah memilih kaca mobil clear atau terang.  Tujuannya ikut menambah intensitas cahaya yang masuk ke kabin, serta sesuai aturan lalu lintas soal tingkat gelap kaca mobil, utamanya windshield atau kaca depan.

Lantas tentang Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, masuk dalam agenda 100 hari masa awal tugasnya beliau mencanangkan tertib lalu lintas dengan E-TLE. Atau Electronic Traffic Law Enforcement. Caranya, tentu dengan memasang kamera E-TLE dalam jumlah lebih banyak dari sekarang.

Baca Juga:
Mulai Ekspansi ke Asia Tenggara, Husqvarna Hadirkan Motor Keren di Malaysia

Sehingga Polisi tidak perlu lagi melakukan tindak tilang di tempat.

Kemudian, kabar futuristik datang dari Toyota. Yaitu soal pencanangan kota masa depan bernama Woven City yang didirikan di kaki Gunung Fuji atau Fujiyama. Energi hidrogen diterapkan di sini, sementara pengembangan produk otomotif juga turut dijajal. Bisa ditebak, mobil listrik serta sistem swakemudi bakal menjadi tulang punggung kota impian masa depan ini.

Dan sebagai penutup adalah kehadiran produk sepeda motor kondang asal Swedia, Husqvarna di Filipina. Diimpor oleh keluarga Ayala, sebuah nama jaminan mutu untuk bisnis real estate, properti, hingga otomotif di Negeri Barong Tagalog, model-model keren Husq (kependekan nama brand ini) seperti Vitpilen 401, Svartpilen 401, dan Svartpilen 200 bakal beredar di negara kita sesama anggota ASEAN.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat mengawali pekan ini, serta tetap patuhi protokol kesehatan atau prokes. Salah satunya mengenakan masker setiap kali keluar rumah, termasuk saat menunggang kendaraan.

1. Kembangkan Kota Masa Depan, Toyota Siapkan Konsep Mobil Self-Driving Murni

Baca Juga:
Husqvarna SIapkan Scartpilen 125 untuk Pasar Eropa, Begini Bocorannya

Fujiyama atau Gunung Fuji dipandang dari Fujikawaguchiko, Prefektur Yamanashi, Jepang. Sebagai ilustrasi di salah satu kawasan di kaki gunung ini, Toyota membangun Woven City  (AFP/Behrouz Mehri)
Fujiyama atau Gunung Fuji dipandang dari Fujikawaguchiko, Prefektur Yamanashi, Jepang. Sebagai ilustrasi di salah satu kawasan di kaki gunung ini, Toyota membangun Woven City (AFP/Behrouz Mehri)

Di tengah persaingan dalam pengembangan teknologi swakemudi atau otonom, Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan unit penelitian Woven Planet.

Lewat sebuah presentasi yang dilakukan belum lama ini, pembuat mobil asal Jepang itu memberikan beberapa informasi bila sistem penggerak bantuan baru akan dipasang pada mobil penumpang Toyota mulai akhir tahun ini.

Baca selengkapnya

2. Tilang Elektronik Siap Pantau Pelanggar Lalu Lintas di Seluruh Indonesia

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan sistem tilang elektronik kepada warga saat Grand Launching Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/11/2019). Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]
Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan sistem tilang elektronik kepada warga saat Grand Launching Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/11/2019). Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program 100 hari kerja pertamanya sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara dengan mengandalkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Tujuannya, agar polisi lalu lintas tidak perlu lagi melakukan tilang di lapangan.

Rencana Kapolri itu langsung direspon Kakorlantas Polri Irjen Istiono dengan membentuk Satgas E-TLE Nasional. Satgas ini akan menyiapkan fasilitas untuk memasang E-TLE secara nasional di jalan raya.

Baca selengkapnya

3. Peduli Korban Gempa Sulbar, Yamaha Buka Layanan Gratis Semua Merek

Logistik untuk korban gempa diberangkatkan tim Yamaha Peduli Gempa Sumbar dari PT. Suracojaya Abadimotor sebagai main dealer Yamaha untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar)  [Dok PT YIMM].
Logistik untuk korban gempa diberangkatkan tim Yamaha Peduli Gempa Sumbar dari PT. Suracojaya Abadimotor sebagai main dealer Yamaha untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) [Dok PT YIMM].

Gempa yang mengguncang Kabupaten Majene dan berdampak hingga Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat telah menggerakkan Yamaha Indonesia untuk mengadakan aksi sosial. Tim Yamaha Peduli Gempa Sulbar pun segera berangkat ke lokasi bencana.

Mulai awal pekan depan (1/2/2021), PT. Suracojaya Abadimotor sebagai main dealer Yamaha untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) akan menyediakan layanan gratis servis sepeda motor, oli dan busi bagi pengguna motor semua brand. Demikian berdasar rilis yang diterima Suara.com.

Baca selengkapnya

4. Ekspansi ke Filipina, Husqvarna Hadirkan Deretan Motor Garang

Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen 401. (rideapart.com)
Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen 401. (rideapart.com)

Datang dengan Vitpilen 401, Svartpilen 401, dan Svartpilen 200, Husqvarna kini tengah melebarkan sayapnya ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Dilansir dari Rideapart, Minggu (31/1/2021), pabrikan asal Swedia tersebut baru-baru ini hadir di Filipina melalui Ayala Corporation, salah satu perusahaan konglomerat terbesar di sana yang bergerak di bidang otomotif.

Baca selengkapnya

5. Bermobil di Musim Hujan, Kaca Film Punya Peran Penting

Kaca film bening memudahkan visibilitas di musim hujan [Dok V-Kool].
Kaca film bening memudahkan visibilitas di musim hujan [Dok V-Kool].

Berkendara pada saat cuaca hujan penuh risiko, lantaran jalanan tergenang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Antara lain mulai rem kurang pakem, sampai gejala aquaplaning atau tergelincir. Belum lagi urusan visibilitas atau jarak pandang saat mengemudi.

Selain menjaga kondisi ban, menggunakan wiper yang masih bagus dan menjaga kecepatan, juga penting memperhatikan kaca film di mobil.

Baca selengkapnya