Medan () – Kontingen Sumatera Utara mengandalkan Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting untuk bisa menyumbangkan medali emas dari cabang olahraga biliar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua.

"Dua medali emas diproyeksikan diraih oleh Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting dari nomor english biliar 250 dan english biliar frame," kata pelatih biliar Sumut Achmad Fadil Nasution yang dihubungi dari Medan Jumat.

Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting merupakan peringkat satu dan dua nasional di nomor english biliar.

Achmad Fadil mengatakan, cabang olahraga biliar mulai dipertandingkan 3 Oktober 2021 dan 10 atlet biliar Sumut akan bertanding di 18 dari 20 nomor pertandingan, baik divisi pool, caroom dan snooker.

Ke-10 atlet itu adalah M.Fadly, Jefri Zen, Rome Pance Tampubolon, Punguan Sihombing, Rini Astuti Nasution (divisi pool). Hotmaruli Simarmata, Jhonny Can (caroom) dan Marlando Sihombing, Jaka Kurniawan Ginting, Chandra Wijaya (snooker).

Terkait target, Fadil mengatakan empat medali emas.Hal itu sesuai dengan harapan dan hasil pengamatan Ketua Umum POBSI Sumut Salomo Pardede.

Selain dari Marlando Sihombing dan Jaka Kurniawan Ginting, medali emas juga diharapkan diraih dari divisi pool. Namun, kata dia, kekuatan di nomor divisi pool sangat merata di seluruh Indonesia. Apalagi selama pandemi COVID-19 jarang ada turnamen sehingga sulit mengukur kekuatan lawan.

Mengenai lawan,  yang cukup berat menurut Fadil berasal dari empat propinsi di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jabar, Jatim dan Jateng.

Namun di luar itu, dia juga mewaspadai tuan rumah Papua yang di beberapa cabang olahraga termasuk biliar mendatangkan atlet dari provinsi lain.

Dia mencontohkan atlet James Lengkang yang merupakan atlet asal Sulawesi Utara.James merupakan pebiliar kawakan di Indonesia yang belum ada tandingannya khususnya di divisi caroom.

James merupakan peraih empat medali emas dari divisi carom di PON 2016 Jabar. Sebanyak empat nomor divisi caroom disapu bersih oleh James Lengkang.

Meski begitu Fadil mengaku optimis di PON kali ini, pebiliar Sumut yang akan turun di divisi caroom, yaitu Hotmaruli Simarmata dan Jhonny Can akan mampu mematahkan dominasi James.

Untuk memenuhi target empat emas itu, Fadil bersama pelatih lainnya telah mempersiapkan atlet dengan matang dengan strategi mumpuni. Untuk itu dia memohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Sumut agar target bisa terwujud.

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © 2021