Bukan Merah atau Hitam, Ternyata Inilah Warna Mobil yang Paling Laris

Bukan Merah atau Hitam, Ternyata Inilah Warna Mobil yang Paling Laris

Selama ini banyak masyarakat yang percaya bahwa warna kendaraan yang paling banyak digemari adalah hitam.

Namun anggapan ini berubah, setidaknya menurut hasil riset yang termuat pada Laporan Popularitas Warna Otomotif Global ke-68 tahunan Axalta.

Laporan tersebut mengungkapkan tiga warna paling populer di dunia. Warna tersebut adalah putih, warna otomotif yang paling sering dibeli secara global selama 10 tahun berturut-turut.

Dilansir dari Motor1 (17/12/2020), Axalta, salah satu pemasok pelapis cairan dan bubuk terkemuka dunia. Mereka mengumpulkan data dari negara tempat mobil diproduksi dan membuat daftar warna mobil baru terpopuler secara global.

Baca Juga:
Bikin Jantungan! Penampakan Dikira Sosok Tuyul di Mobil, Endingnya Ngeselin

Informasi tersebut kemudian diberikan kepada produsen untuk memungkinkan mereka mengamati tren dan pola di seluruh dunia dan di pasar tertentu.

Survei tahun ini menunjukkan bahwa 38 persen kendaraan yang diproduksi dicat dengan warna putih, diikuti oleh 19 persen mobil hitam, dan 15 persen mobil abu-abu.

Tesla Model X yang dipamerkan dalam Brussels Motor Show, Januari 2019 [Shutterstock].
Tesla Model X yang dipamerkan dalam Brussels Motor Show, Januari 2019 [Shutterstock].

Permintaan mobil berwarna silver terus menurun sementara mobil hitam tetap populer terutama di segmen mewah. Secara total, empat warna terpopuler mewakili 81 persen pangsa pasar secara global.

“Tren pembelian konsumen yang tercermin dalam laporan mendorong pengembangan warna inovatif kami untuk masa depan,” kata Nancy Lockhart, manajer produk global warna di Axalta.

“Kami senang berbagi data ini dengan pelanggan kami dan menyatukan teknologi warna terdepan di industri kami, pengalaman pasar yang mendalam, dan data tren untuk bekerja dengan pelanggan kami untuk menghidupkan warna dinamis.”

Baca Juga:
Mobil Terbakar di Jalan Bypass Ngurah Rai Kuta, 2 Pelajar Lolos dari Maut

Sebagai catatan, laporan tahunan pertama Axalta dirilis pada tahun 1953.