Cara Menerima Pesan WhatsApp Sebelum Dihapus Fitur Disappearing Messages

Cara Menerima Pesan WhatsApp Sebelum Dihapus Fitur Disappearing Messages

WhatsApp mengatakan bahwa Disappearing Messages atau pesan yang dapat menghilang dengan sendirinya, masih dapat dibaca meski setelah dihapus.

Artinya, pengguna WhatsApp harus tetap waspada atas pesan yang dikirim meskipun pengguna telah mengatur setelan Disappearing Messages, agar pesan “menghancurkan dirinya sendiri”.

Fitur yang baru-baru ini ditambahkan oleh WhatsApp tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan yang akan menghilang setelah jangka waktu tertentu.

Ini berfungsi seperti pesan Snapchat. Namun, pada pengaturan WhatsApp, pesan baru akan menghilang setelah tujuh hari, meskipun pesan yang dikirim sebelum mengubah pengaturan tidak akan terpengaruh.

Baca Juga:
Pesan WhatsApp Kini Bisa Otomatis Hilang Setelah 7 Hari

Fitur Disappearing Messages WhatsApp. [WaBetaInfo]
Fitur Disappearing Messages WhatsApp. [WaBetaInfo]

Tetapi setidaknya ada tujuh cara seseorang dapat menerima pesan pengguna sebelum dihapus.

Pertama, pratinjau pesan masih dapat ditampilkan dalam notifikasi hingga aplikasi WhatsApp dibuka.

Kedua, jika pesan yang dikirim pengguna dikutip seseorang (quote), maka teks kutipan tersebut masih bisa ada di obrolan.

Ketiga, jika Disappearing Messages diteruskan ke obrolan dengan fitur tersebut dimatikan, maka pesan itu tidak akan dihapus.

Keempat, jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan menghilang, maka pesan itu akan dimasukkan ke dalam cadangan.

Baca Juga:
Hindari Hal Ini Sebelum Gunakan Fitur Disappearing Messages WhatsApp!

Namun, pesan tersebut akan dihapus jika pengguna memulihkan WhatsApp dari cadangan.

Seseorang juga dapat meneruskan atau mengambil tangkapan layar dari pesan pengguna yang menghilang sebelum dihapus. Orang tersebut juga dapat menyalin dan menyimpan konten dari pesan sebelum menghilang.

“Secara default, media yang Anda terima di WhatsApp akan otomatis diunduh ke foto Anda. Jika fitur Disappearing Messages dihidupkan, media yang dikirim dalam obrolan akan hilang tetapi akan disimpan di ponsel jika unduh otomatis aktif,” tulis WhatsApp, seperti dikutip The Sun, Jumat (6/11/2020).

Meski begitu, pengguna dapat mematikan fitur ini di Pengaturan WhatsApp > Penggunaan Data dan Penyimpanan.

Ilustrasi WhatsApp. [Tumisu/Pixabay]
Ilustrasi WhatsApp. [Tumisu/Pixabay]

Untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages, pengguna dapat membuka obrolan WhatsApp > ketuk pada nama kontak > ketuk opsi Disappearing Messages > klik Lanjutkan > pilih On. Pengguna dapat menonaktifkannya menggunakan metode yang sama.

Untuk berhati-hati terhadap penggunaan fitur ini, pengguna harus mempertimbangkan sensitivitas pesan yang dikirim dan kelayakannya.