Cocok Dijadikan Teman Nonton Drama Korea, Ini Dia Resep Membuat Donat

Cocok Dijadikan Teman Nonton Drama Korea, Ini Dia Resep Membuat Donat


Masa pandemi covid-19 membuat banyak orang terpaksa melakukan berbagai kegiatan di rumah. Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan ialah menonton film drama Korea. Namun, rasanya nonton film kurang lengkap tanpa hadirnya makanan manis seperti donat.

Tak perlu beli di kafe atau mal, sebenarnya donat ini bisa kalian buat sendiri, lho. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat ini juga tidaklah sulit untuk dicari.

Nah, berikut Suara.com bagikan resep kue donat lezat yang berhasil kami rangkum dari laman Cookpad, Sabtu (30/5/2020).

Bahan-bahan untuk membuat donat:

  • 250 gram tepung terigu merek sesuai selera
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 3 sendok teh maizena
  • 3 sendok makan mentega
  • 3 sendok teh gula pasir
  • 2 butir telur ambil bagian kuningnya saja
  • Air mentah secukupnya
Ilustrasi donat favorit. (Shutterstock)
Ilustrasi donat favorit. (Shutterstock)

Langkah membuat donat:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan untuk membuat lingkaran pada adonan donat. Setelah itu, campurkan bahan tepung terigu, gula pasir, maizena, mentega, ragi serta kuning telur.
  2. Lalu langkah kedua, tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk adonan donat menggunakan tangan hingga teksturnya kalis.
  3. Usai terasa kalis atau tidak menempel di tangan, lebar adonan sesuai wadah yang digunakan untuk mengolah bahan.
  4. Setelah itu, diamkan adonan selama 10 menit sambil ditutupi dengan lap basah. Usahakan lap jangan terlalu basah dan jangan mengenai bahan donat.
  5. Kemudian sesudah adonan mengembang, cetak satu per satu menggunakan gelas atau wadah cetakan khusus donat. Diamkan sebentar kurang lebih 5 menit sambil ditutupi dengan kain basah.
  6. Goreng adonan donat yang sudah dibentuk tadi, putar-putar agar matangnya merata. Nyalakan kompor dengan api sedang agar donat tidak gosong.
  7. Setelah warnanya kecokelatan dan matang, angkat kemudian tambahkan berbagai varian topping sesuai selera lalu sajikan.

Nah, itu dia tadi resep membuat donat yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba, ya!