Jakarta (/JACX) – Seorang pengguna Facebook mengunggah foto megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo di sebuah grup publik berisi 11.100 anggota.

Dalam kiriman di grup tersebut, pesepak bola Portugal itu tampil menggunakan jaket abu-abu dan tampak sedang menghadiri konferensi pers. 

Di depan Ronaldo, terlihat pula dua botol minuman soda Coca-Cola. Ada juga tulisan 'Budapest' di layar belakang CR7.

"JGN Pernah meletakan Coca Cola di depan Sy krn Sy tau itu Produck Yahudi .. yg hasilnya utk membunuh Rakyat Palestine .. ( Ronaldo ) Kereeeennnn..,"demikian isi narasi yang disematkan dalam unggahan di Facebook tersebut.

Lantas, benarkah Cristiano Ronaldo singkirkan Coca-Cola karena produk Yahudi?
 

Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Cristiano Ronaldo singkirkan Coca-Cola karena produk Yahudi. (Facebook)

Penjelasan:
Faktanya, foto Ronaldo di Facebook itu diambil saat dia menghadiri konferensi pers terkait gelaran UEFA EURO 2020 di Budapest, Hongaria.

Merujuk video di kanal Youtube Pikiran Rakyat, peristiwa yang sebenarnya terjadi adalah saat menghadiri konferensi pers, Ronaldo tampak duduk bersama pelatih Portugal Fernando Santos.

Tak lama kemudian, penyerang Juventus itu menggeser dua botol minuman soda Coca-Cola di depannya. Dia kemudian mengangkat botol berisi air putih, sambil memberikan pesan untuk meminum air mineral.

Dengan demikian, dipastikan narasi soal produk Yahudi yang termuat di Facebook itu merupakan kabar menyesatkan atau hoaks.

Klaim: Cristiano Ronaldo singkirkan Coca-Cola karena produk Yahudi
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Dan keraguan terhadap Cristiano Ronaldo pun sirna

Baca juga: Cristiano Ronaldo 'star of the match' Portugal vs Hungaria

Cek fakta: Cristiano Ronaldo sumbangkan gaji bantu Hamas beli roket? Cek Faktanya!

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © 2021