Jakarta () – Caeleb Dressel dari Amerika Serikat menjadi yang terbaik pada renang nomor gaya bebas 50m putra dan memperoleh medali emas individu ketiganya di Olimpiade Tokyo sementara perenang Australia Emma McKeon juga menyelesaikan sprint ganda dengan kemenangan di 50m putri.

Peraih medali emas nomor 100m bebas dan kupu-kupu itu, menyelesaikan sprint gandanya dengan selisih besar 0,48 detik atas Florent Manaudou dari Prancis yang merupakan peraih medali emas London dan peraih medali perak di Rio. Bruno Fratus dari Brazil meraih medali perunggu.

Dressel, yang juga meraih medali emas sebagai bagian dari kemenangan nomor estafet gaya bebas 4×100 Tim USA, memimpin dari depan untuk merebut emas renang kesembilan untuk negaranya di Olimpiade ini.

Sementara itu, Kemenangan McKeon memberinya medali keenam di Tokyo — tidak ada atlet Australia yang pernah memenangkan lebih dari lima medali dalam satu Olimpiade.

Pemegang rekor dunia Sarah Sjoestroem dari Swedia berhak atas medali perak dan juara 50m Olimpiade Rio, Pernille Blume dari Denmark meraih perunggu.

McKeon bisa menjadi perenang wanita pertama dari negara mana pun yang memenangi tujuh medali di satu Olimpiade jika timnya finis di podium dalam nomor estafet gaya ganti 4×100 putri, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Caeleb Dressel rebut emas 100m gaya bebas putra Olimpiade Tokyo
Baca juga: Emma McKeon siap tambah koleksi emas Australia di Tokyo 2020

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021