Jakarta () – Tim bola voli putri Jakarta Elektrik PLN menutup pekan terakhir putaran I Proliga 2022 dengan kemenangan perdana setelah mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 3-2 (25-14, 25-19, 20-25, 26-28, 15-10) di GOR Kawah Candradimuka, Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Tim asuhan Risco Herlambang harus berjuang ekstra keras untuk bisa meraih kemenangan perdana. Bahkan, mereka sempat kehilangan dua set tepatnya ketiga dan keempat. Sehingga pemenang harus ditentukan melalui set penentu.

Pada sisi lain, Jakarta Elektrik PLN juga mampu memanfaatkan absennya lima pemain Gresik Petrokimia yang dinyatakan positif COVID-19. Mereka adalah Hanny Budiarti, Nur Kholisah, Geofanny Eka Cahyaningtyas, serta dua pemain asing Brionne Kierra Butler dan Jennifer Yanet Alvarez Hernandez.

Risco Herlambang mengatakan kemenangan pertama ini mengangkat mental anak asuhnya. Namun menurutnya, evaluasi tetap harus dilakukan mengingat pemain muda Elektrik kerap melakukan kesalahan mendasar.

"Kami masih diberi kemenangan. Hanya saja menurut saya kemenangan 3-2 ini kami kalah. Harusnya kita bisa menang 3-0," kata Risco dalam keterangan resminya, Minggu.

Menurut Risco, dari sisi teknik, skuad Elektrik sudah bermain bagus. Hal ini terbukti pada set pertama dan kedua saat berhasil meraih kemenangan dengan meyakinkan.

Hanya saja, pada set ketiga dan keempat, anak asuhnya kehilangan konsentrasi dan fokus sehingga tidak bisa memanfaatkan kondisi Gresik Petrokimia yang tidak diperkuat pemain utama.

Maka dari itu, menghadapi putaran kedua yang akan bergulir mulai 11 Februari 2022, Risco berharap kualitas pemain asing PLN dapat keluar sepenuhnya dan mampu mengangkat mental pemain lain.

Sementara itu, pemain andalan Elektrik PLN Nurlaili juga mengatakan kemenangan ini membawa semangat untuk menghadapi putaran kedua. Menurutnya, sepanjang putaran pertama ini, tim bermain dengan bagus, hanya saja terlihat masih kurang berani untuk bermain. "Putaran kedua latihan lebih semangat agar bisa memperbaiki putaran pertama," kata Nurlaili.

Adapun menanggapi kemenangan perdana Elektrik PLIN, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN sekaligus Ketua Tim JEP Agung Murdifi berharap para pemain muda dapat membawa momentum kemenangan kali ini pada putaran kedua dan bisa masuk final four.

Meskipun sepanjang putaran pertama hanya memetik satu kemenangan, Agung optimistis penampilan impresif Jakarta Elektrik PLN pada pertandingan penutup ini menjadi titik balik perjalanan untuk meraih prestasi.

"Elektrik PLN bisa memetik kemenangan perdana pada putaran pertama. Semoga momentum ini dapat dibawa ke putaran kedua untuk hasil yang lebih baik lagi," katanya.

Jakarta Elektrik PLN menutup putaran I Proliga 2022 dengan berada di dasar klasemen sementara dengan tiga poin, hasil dari satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Adapun putaran kedua Proliga 2022 akan berlangsung pada 11 Februari-6 Maret 2022. Setelah itu, sebanyak empat tim terbaik masing-masing dari sektor putra dan putri akan kembali adu kekuatan pada semifinal pada 11-20 Maret 2022. Kemudian berlanjut ke final pada 26-27 Maret 2022.

Baca juga: Pertamina Pertamax juara putaran I Proliga 2022 usai kalahkan Samator

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2022