Jakarta () – Emilia Nova meraih medali emas saat turun pada nomor 100meter lari gawang putri dalam ajang 82nd Singapore Open Track & Field Championships 2022 di Home of Athletics, Kallang Sports Centre, Singapura, Sabtu.

Emil sapaan akrab Emilia Nova pada final mencatatkan waktu tercepat 13,74 detik. Berdasarkan hasil lomba yang dirilis Asosiasi Atletik Singapura (SAA), atlet asal DKI Jakarta ini mengalahkan wakil Filipina Melissa Escoton yang finis kedua dengan 13,96 detik dan atlet tuan rumah Kerstin Ong yang finis ketiga dengan membukukan 14,99 detik.

Bagi Emil, hasil ini menjadi modal bagus dalam menghadapi sekaligus mempertahankan medali emas pada SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei.

Dia memang bertekad untuk bisa mengulang pencapaian pada SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019. Ketika itu, Emil menjadi yang terbaik pada nomor 100meter lari gawang putri dengan membukukan waktu 13,61 detik. Dia mengalahkan wakil Vietnam Tran Thi Yen Hoa (13,75 detik) dan Nur Izlyn Zaini dari Singapura (13,92 detik).

Adapun Singapura Open 2022 menjadi ajang uji coba pertama dan terakhir selama Emil menjalani pelatnas untuk menghadapi SEA Games Hanoi.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memang kesulitan mengirim atlet di tengah banyaknya kompetisi internasional yang tertunda hingga batal bergulir karena pandemi COVID-19.

Singapura Open menjadi ajang penting untuk mengukur sejauh mana kemampuan atlet dalam persiapan menuju Hanoi. Selain Emilia, Asisten Pelatih Timnas Atletik, M. Fadlin, sebelumnya mengatakan ada enam atlet lainnya yang tampil di Negeri Singa.

Mereka adalah Valentin Vanesa Lonteng yang turun di nomor lari 100meter putri, Halomoan Edwin Binsar Simajuntak pada nomor 400meter lari gawang putra, dan empat atlet yang turun pada nomor estafet 4x100meter putra yakni Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Wahyu, dan Sudirman Hadi.

Baca juga: PB PASI targetkan delapan medali emas di SEA Games Vietnam
Baca juga: Timnas atletik tiba di Singapura untuk uji coba SEA Games Hanoi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2022