Kegiatan tour de Sabang ini sangat berpengaruh terhadap prestasi para atlet pesepeda, khususnya Aceh dan secara umum Indonesia

Banda Aceh () – Pemerintah Aceh bakal melaksanakan event tour de Sabang 2021, kegiatan berskala nasional yang digelar untuk meningkatkan prestasi atlet balap sepeda menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Event ini juga dalam rangka meningkatkan prestasi atlet pesepeda Aceh menuju PON Aceh-Sumut 2024," kata Kasi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh Muksalmina, di Banda Aceh, Kamis.

Event tour de Sabang akan dilaksanakan pada 26-27 November 2021, dengan pendaftaran tanpa dipungut biaya baik itu peserta dari Aceh maupun luar Aceh. Kecuali bagi mereka yang ingin difasilitasi, mulai kedatangan di bandara hingga saat kembali.

Muksalmina mengatakan, event olahraga yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh itu untuk menggalakkan olahraga di kalangan masyarakat Aceh, dan kali ini digelar berskala nasional.

Kegiatan ini, kata Muksalmina, juga telah terdaftar di PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat, karena itu event tersebut dikategorikan pergelaran luar biasa pada 2021 ini.

"Kegiatan tour de Sabang ini sangat berpengaruh terhadap prestasi para atlet pesepeda, khususnya Aceh dan secara umum Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang P3O Dispora Aceh Teuku Bustamam mengatakan, Pemerintah Aceh akan mengakomodir semua kebutuhan terkait pelaksanaan event, sesuai ketersediaan dana yang telah ditentukan peruntukkannya pada DPA-SKPA Dispora Aceh 2021.

Baca juga: Menparekraf minta UMKM Aceh manfaatkan peluang saat PON 2024

Bustamam mengatakan, event tour de Sabang tersebut merupakan program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya di dunia balap sepeda.

Bustamam menuturkan, Pemerintah Aceh perlu melakukan upaya peningkatan prestasi cabang balap sepeda ini sebagai bagian dari upaya berbenah dalam rangka persiapan tuan rumah PON XXI 2024 di Aceh.

"Sebenarnya tidak hanya cabor balap sepeda, hanya saja sekarang kita sedang fokus dan kita mulai dari cabor balap sepeda," kata Teuku Bustamam.

Sejauh ini, persiapan event tour de Sabang telah mencapai 80 persen, Sementara calon peserta yang telah mendaftar sudah mencapai 101 peserta dari target sebanyak 300 orang.

Baca juga: 2.440 pesepeda ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2021

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021