Jakarta () – PT Freeport Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan cabang-cabang olahraga di Papua demi memunculkan talenta-talenta baru yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Hal itu disampaikan Direktur External Affairs PT Freeport Indonesia Agung Laksamana dalam peluncuran Festival Basket Indonesia yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa.

Festival Basket Indonesia masuk dalam rangkaian ajang menuju FIBA Asia Cup pada 12-24 Juli mendatang, dengan seri pertamanya akan digelar di Stadion Mimika Sport Complex, Timika, Papua, pada 7-11 Januari.

Agung menuturkan pihaknya siap mendukung gelaran tersebut karena PT Freeport Indonesia memiliki komitmen untuk ikut berperan dalam pengembangan talenta-talenta basket, terutama di Papua.

“Ajang ini merupakan ajang untuk memaksimalkan Stadion Mimika Sport Complex yang kami bangun dengan dana hampir Rp500 miliar. Jadi, fasilitas ini harus dimaksimalkan sehingga ada kontinuitas dari olahraga, dan basket ini jadi cabang pertama yang digelar,” ujar Agung dalam jumpa pers virtual, Selasa.

Tak hanya basket, PT Freeport Indonesia juga berencana menggelar kejuaraan serupa pada cabang olahraga atletik dan sepak bola.

“Komitmen kami selanjutnya tidak cuma basket, tapi juga pengembangan cabang olahraga atletik dan sepak bola. Ini signifikan karena banyak talenta Papua yang belum terkekspos,” kata Agung.

“Inilah ajang yang dibutuhkan untuk memunculkan atlet Timur Indonesia,” tambahnya. 

Ia menuturkan Stadion Mimika Sport Complex yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia memang dipersiapkan untuk berbagai ajang olahraga, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Ia pun berharap kehadiran Festival Basket Indonesia di Mimika dapat makin memasyarakatkan olahraga basket di Papua

“Ada beberapa hal yang kami ingin bangun, yaitu untuk membangun awareness, memasyarakatkan olahraga basket di Papua, dan festival ini jadi ajang untuk menjaring talenta-talenta muda Papua agar bisa berkiprah di olahraga basket, baik nasional maupun internasional,” ucap Agung.

Setelah Mimika, Festival Basket Indonesia akan singgah di empat kota besar lainnya, yaitu Bali, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta. 

Baca juga: Festival Basket Indonesia diluncurkan awali FIBA Asia Cup 2022 
Baca juga: FIBA Asia Cup 2022 siap digelar pada 12-24 Juli di Indonesia 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2022