Google dan Facebook Berlakukan Work from Home Hingga 2021

Google dan Facebook Berlakukan Work from Home Hingga 2021


Google dan Facebook telah mengatakan kepada sebagian besar karyawan untuk tetap bekerja dari rumah (work from home/WFH), selama sisa tahun ini sebagai bagian dari tanggapan oleh raksasa teknologi terhadap pandemi virus corona (Covid-19) yang mematikan.

Sebagaimana dilansir laman Daily Mail, Minggu (10/5/2020), Kepala eksekutif Sundar Pichai mengatakan kepada staf Google di sebuah pertemuan dengan semua pihak bahwa kebijakan kerja jarak jauh akan diperpanjang hingga 2021.

Berita itu muncul setelah laporan bahwa Facebook juga mengizinkan para pekerja melakukan pekerjaan mereka dari jarak jauh, selama sisa tahun ini.

Karyawan Google yang perlu kembali ke kantor untuk melaksanakan tugasnya, baru bisa memulainya pada Juni atau Juli mendatang, dengan langkah-langkah keamanan tambahan karena masalah virus Corona. Tetapi sebagian besar staf akan terus WFH.

CEO Google Sundar Pichai sebelumnya mengatakan bahwa pekerja akan terus bekerja dari rumah hingga 1 Juni mendatang.

Kantor Google di Mountain View, California, Amerika Serikat (Shutterstock).
Kantor Google di Mountain View, California, Amerika Serikat (Shutterstock).

Rencana Facebook yang diperbarui adalah membuka kembali kantor pada awal Juli, tetapi membiarkan orang bekerja dari rumah jika mereka menginginkannya hingga 2021. Hal ini diungkap perusahaan mengatakan kepada karyawan dalam memo internal, dikutip laman The Information.

Raksasa media sosial itu mengatakan bahwa ia masih dalam proses menentukan karyawan mana yang perlu hadir di kantor.

Baik karyawan Google dan Facebook disarankan untuk mulai WFH pada Maret lalu.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan pada April lalu bahwa perusahaan itu membatalkan berbagai acara yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang hingga Juni 2021.