Jambi () – Gubernur Jambi H Al Haris menyebutkan para atlet Kontingen Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Provinsi Jambi yang meraih peringkat ke-12 pada Peparnas XVI di Papua menunjukkan diri memiliki daya yang saing tinggi di level nasional.

"Atlet Peparnas Jambi telah menunjukkan prestasi yang membanggakan, sekaligus menunjukkan atlet Peparnas Jambi memiliki daya saing tinggi di level nasional dan layak diunggulkan," kata Gubernur Al Haris di Jambi, Rabu.

Secara khusus orang nomor satu di "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu memberikan apresiasi tinggi atas kiprah para atlet, ofisial dan tim pendukung Kontingen Jambi.

Pada ajang Peparnas XVI di Papua, Provinsi Jambi finis di peringkat 12 nasional dengan perolehan 9 medali emas, 11 medali perak dan 12 medali perunggu.

Sebelumnya Kontingen PON XX Jambi juga berhasil memperbaiki peringkat di ajang PON dari peringkat ke-23 pada PON XIX/2016 di Jawa Barat menjadi peringkat ke-18 di PON XX Papua dengan perolehan enam medali emas, 10 medali perak dan 13 perunggu.

Bentuk apresiasi tinggi pemerintah terhadap atletnya, Gubernur Al Haris secara khusus menyambut kedatangan Kontingen Peparnas Jambi di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Selasa (16/11).

Mantan Bupati Merangin itu menunjukkan kehangatannya saat menyambut atletnya. Ia ikut membantu seorang atlet Peparnas Jambi dengan mendorong kursi roda ke luar dari terminal kedatangan Bandara Jambi.

"Alhamdulillah Jambi Peringkat 12 Nasional dengan 9 Emas 11 Perak dan 12 Perunggu. Nah ini bukan apa-apa, mereka dengan segala keterbatasan bisa menunjukkan hal yang luar biasa untuk daerah ini," kata Al Haris.

Baca juga: Perenang Jambi sumbang emas 200 meter gaya ganti di Peparnas

Baca juga: Jambi tambah dua medali emas di Peparnas XVI Papua

Gubernur Jambi itu menyebutkan, hasil yang diraih dari Peparnas XVI di Papua bukan akhir dari kiprah mereka, namun masih ada pertandingan level nasional dan bahkan internasional yang bisa menjadi ajang pembuktian atlet Jambi.

Ia mengaku terus memantau perjuangan atletnya, dan salut dengan pejuang-pejuang Jambi itu yang dengan kondisi disabilitas namun menunjukkan semangat luar biasa.

"Prestasi itu bukan hanya kebanggaan untuk mereka tapi untuk daerah, mereka sumbangkan medali untuk daerah Jambi," kata Haris.

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2021