Surabaya () – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan tetap bangga atas perjuangan dan prestasi atlet Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2021 yang telah berlangsung di Papua.

“Selamat kepada para peraih medali. Saya mewakili seluruh warga Jatim menyampaikan terima kasih atas semua usaha dan prestasi yang diberikan. Anda semua adalah pahlawan olahraga Jatim,” ujar Gubernur Khofifah di Surabaya, Selasa.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengapresiasi segala prestasi, totalitas dan sportivitas yang dijunjung oleh para atlet selama dua pekan berlaga di ajang bergengsi tersebut.

Kontingen Jatim menduduki peringkat ke 10 dalam ajang Peparnas XVI/2021 Papua. Di ajang ini, total kontingen Jatim meraih 12 medali emas, 22 medali perak dan 14 medali perunggu.

Setelah dua pekan berlaga, sebanyak 69 atlet dan 44 ofisial tiba di T1 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Senin (15/11) malam.

Kedatangan para atlet kontingen Jatim itu segera disambut oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Jawa Timur Pulung Chausar, mantan Kadispora Jatim Supratomo, dan Ketua Kontingen Peparnas Jatim Hudiyono.

Saat turun bus, perwakilan atlet dan ofisial menerima pengalungan bunga sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi.

“Terima kasih pada seluruh kontingen yang telah memberikan kemampuan dan prestasi maksimal,” ucap Khofifah.

Sementara itu, posisi 10 besar di Peparnas kali ini merupakan prestasi yang harus disyukuri.

Baca juga: 39 rekor nasional renang terpecahkan di Peparnas Papua

Gubernur Khofifah berharap catatan tersebut menjadi kebanggaan bagi Jatim, dan tentunya menjadi penyemangat pada ajang kompetisi olahraga ke depan.

"Bagi yang belum meraih medali jangan kecil hati dan harus tetap bangga. Terus berlatih dan semoga di kesempatan mendatang bisa lebih baik," kata dia.

Di sisi lain, Kadispora Jatim Pulung Chausar menyampaikan bahwa rangkaian penyambutan kontingen atlet Jatim ini merupakan bentuk perhatian dari Gubernur kepada atlet-atlet penyandang disabilitas yang telah berjuang dan membawa harum nama Jatim di kancah nasional.

"Kami di sini dalam penyambutan kedatangan para atlet dan ofisial yang telah berlaga di Peparnas XVI/2021 Papua. Teman-teman atlet ini adalah pahlawan Jawa Timur," tuturnya.

Ke depannya, kata Pulung, pembinaan pada para atlet akan terus dilakukan agar bisa tampil lebih maksimal di ajang-ajang olah raga mendatang.

Baca juga: Round up – Jokowi dan kesuksesan tuan tuan rumah juarai Peparnas XVI

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021