Tarakan () – Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengingatkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara membahas program kerja dan strategi pemenangan Kaltara, menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua agar berjalan lancar dan sesuai target.

"Saya ingin kontingen Kaltara harus tunjukkan prestasinya, terlebih lagi di kancah nasional pada PON XX Papua yang berlangsung pada Oktober 2021 mendatang," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Tarakan, Sabtu.

Dia memastikan pihaknya akan mendukung penuh semua kegiatan KONI Kaltara dalam menghadapi PON XX Papua, termasuk dukungan anggaran yang dibutuhkan.

"Pemprov Kaltara siapkan sekitar Rp20 miliar, saat ini baru Rp4 miliar yang kita siapkan dan sisanya menyusul setelah APBD perubahan," kata Zainal.

Diharapkan dengan adanya dukungan penuh dari Pemprov, KONI Kaltara harus bisa memberikan target.

"Jika PON tahun sebelumnya kontingen Kaltara masuk 26 besar dengan perolehan dua medali emas, PON kali ini harus bisa raih emas medali emas dan kontingen kita masuk 20 besar," kata Gubernur.

Sebelum keberangkatan ke Papua, Zainal menginginkan, semua atlet dari Kaltara yang bertanding di PON XX Papua wajib menjalani vaksinasi COVID-19.

"Masih ada atlet yang belum divaksin karena waktu kegiatan vaksinasi ada atlet yang melakukan try out, tapi sebelum berangkat ke Papua saya minta KONI fasilitasi atlet yang belum divaksin," katanya.

Baca juga: KONI Kaltara ikuti 12 cabang olahraga pada PON di Papua
Baca juga: KONI Papua gelar vaksinasi bagi atlet PON XX
Baca juga: NPC Indonesia berharap 34 Provinsi ikut Peparnas XVI Papua

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021