Satu-satunya cabang yang tidak diikuti yakni sepak bola CP, dengan pertimbangan anggaran, mengingat cabang beregu tersebut membutuhkan banyak atlet dan yang diperebutkan hanya satu medali

Samarinda () – Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor dijadwalkan akan melepas 108 atlet difabel yang akan mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Papua.

"Kami akan dilepas oleh gubernur pada 1 November 2021 di Kantor Dispora Kaltim, komplek stadion Madya, Samarinda pukul 09.00 Wita," kata Ketua NPCI Kaltim Suharyanto di Samarinda, Minggu.

Sehari kemudian, yakni pada Selasa (2/11) lanjut Suharyanto rombongan kontingan Peparnas Kaltim berjumlah sekitar 200 orang terdiri atas atlet, pelatih dan ofisial itu akan bertolak menuju " Bumi Cendrawasih" dengan menggunakan jalur penerbangan Balikpapan-Papua melalui transit di Surabaya.

Dia mengatakan 108 atlet difabel Kaltim akan mengikuti 11 cabang olahraga yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

" Satu-satunya cabang yang tidak diikuti yakni sepak bola CP, dengan pertimbangan anggaran, mengingat cabang beregu tersebut membutuhkan banyak atlet dan yang diperebutkan hanya satu medali," jelasnya.

Dari 11 cabang olahraga yang diikuti, ada dua cabang olahraga yang punya proyeksi besar untuk meraih emas yakni cabang olahraga renang dan tenis meja.

" Dua cabang itu, punya atlet andalan yang tergabung dalam Pelatnas, namun demikian kami tidak mengecilkan cabang yang lain untuk bisa berprestasi dan meraih gelar juara," kata Suharyanto.

Ketua Tim Seleksi NPCI Kaltim Mardiansyah menambahkan bahwa pelaksanaan Peparnas XVI Papua dijadwalkan pada 2-15 berlangsung di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Dia mengatakan kepulangan tim Peparnas Kaltim akan disambut oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat transit perjalanan di Makassar.

" Kami sudah berkordinasi dengan protokol Wakil Gubernur terkait acara penyambutan itu, kontingen Kaltim akan pulang bersama-sama pada 16 November 2021," jelas Mardiansyah.

Baca juga: Kontingen Kalsel berangkat serentak ke Paparnas Papua pada 2 November
Baca juga: Sulteng hanya ikuti tiga cabang olahraga di Peparnas Papua

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021