Medan () – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan rasa bangganya kepada atlet difabel daerah yang mampu menembus lima besar di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua dengan raihan 27 emas, 32 perak dan 15 perunggu.

"Saya sangat bangga melihat prestasi atlet National Paralympic Committee yang bisa juara lima. Meski di tengah keterbatasan fisik, mereka mampu berjuang dan meraih prestasi yang sangat membanggakan ini," kata Edy saat menyambut kepulangan kontingen Peparnas Sumut di Medan, Senin. 

Kontingen Sumatera Utara yang berlaga di ajang Peparnas Papua tiba di Medan melalui bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Senin (15/11/2021) sore.

Tiba sekitar pukul 16.00 WIB, para atlet, pelatih dan ofisial langsung disambut dengan pengalungan bunga serta ucapan selamat oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, yang didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin.

Lima atlet yang mewakili pengalungan bunga tersebut, yakni peraih medali emas Nina Gusmita (atletik), Chandra S Simanjuntak (renang), Reza Pramana Perangin- angin (atletik), Catrina Dewi Haloho (catur) dan Yustina Halawa (catur). 

Tidak sampai disitu, kelima atlet tersebut, yang juga didampingi ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting, selanjutnya diarak dengan menggunakan mobil terbuka. Mereka beserta rombongan kontingen mendapat kawalan personel Polda Sumut dan diarak, mulai dari Bandara Kualanamu menuju Aula Dinas Kehutanan Provinsi Sumut.

Masyarakat kota Medan yang turut menyaksikan momen langka itu nampak antusias menyaksikan dari pinggir jalan.

Lebih lanjut, Edy mengatakan posisi lima besar di Peparnas tahun ini merupakan suatu pencapaian besar. Sebab, provinsi yang masuk posisi 10 besar mengirimkan atletnya lebih banyak ketimbang Sumut.

"Papua sudah pasti tuan rumah (dominasi). Kemudian selain Jawa Timur, kontingen Sumut ternyata bisa bersaing," tutur Edy.

Dengan prestasi membanggakan ini, tentu pemerintah tidak melupakan penghargaan atas pencapaian tersebut. Edy bahkan memastikan bakal ada bonus yang diberikan kepada atlet-atlet Sumut yang berprestasi di ajang Peparnas tahun ini.

"Pasti ada. Bonus pasti akan kita berikan kepada mereka yang telah meraih prestasi di Peparnas," ungkap Edy. 

Baca juga: Atlet renang Sumut pecahkan rekor Asean Para Games 
Baca juga: Atlet Sumut Eko Saputra pecahkan rekor atletik di Peparnas Papua 
Baca juga: NPC apresiasi capaian medali atletik kontingen Sumut 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021