Harga Minyak Sentuh Rekor, Tembus ke Level 70 Dolar AS per Barel

Harga minyak mentah dunia menguat pada perdagangan Selasa kemarin, dengan Brent menyentuh 71 dolar AS dan diperdagangkan pada level tertinggi sejak Maret.

Mengutip CNBC, Rabu (2/6/2021) minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman Agustus, patokan internasional, ditutup melonjak 93 sen, atau 1,3 persen menjadi 70,25 dolar AS per barel setelah menyentuh 71 dolar AS di awal sesi – harga intra-day tertinggi sejak 8 Maret.

Semnentara, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate untuk kontrak pengiriman Juli, melambung 1,40 dolar AS atau 2,1 persen menjadi 67,72 dolar AS per barel.

Jasa pelacakan GasBuddy mengatakan permintaan bensin Amerika, bertepatan dengan long weekend Memorial Day, melonjak 9,6 persen di atas rata-rata empat minggu sebelumnya. Itu adalah permintaan tertinggi sejak musim panas 2019.

Baca Juga:
Data Ekonomi AS Cemerlang, Harga Minyak Dunia Cenderung Stabil

Harga juga didorong oleh data China yang menunjukkan aktivitas pabrik negara itu tumbuh pada laju tercepat tahun ini pada periode Mei.

Namun, kenaikan harga minyak dibatasi oleh ekspektasi bahwa lebih banyak output akan menggerojoki pasar.

Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC Plus, juga sepakat untuk melanjutkan pelonggaran pembatasan pasokan secara perlahan dalam pertemuan mereka, tutur narasumber OPEC, karena produsen menyeimbangkan ekspektasi pemulihan permintaan terhadap kemungkinan peningkatan output Iran.