Hari Baru Ilmu Baru: Ini Asal Usul Kata Timur, Barat, Utara, dan Selatan

Hari Baru Ilmu Baru: Ini Asal Usul Kata Timur, Barat, Utara, dan Selatan

Saat mempelajari mengenai peta atau arah mata angin, pasti tidak jauh-jauh dari konsep Timur, Barat, Selatan, dan Utara. Biasanya saat mencari jalan atau melalui aplikasi akan di arahkan sesuai dengan arah mata angin.

Dikutip dari Something Geograph, kataTimur, Barat, Selatan, dan Utara berasal dari bahasa Jerman, yang juga berasal dari Proto-Indo-Eropa. Di sisi lain, kita dapat melihat matahari sebagai penunjuk arah di mana letak Timur, Barat, Utara, dan Selatan.

Namun, tahukah kamu arti dan makna dari kata-kata penunjuk arah tersebut? Berikut fakta mengenai keempat arah mata angin tersebut yang telah Suara.com rangkum/

1. Utara (North)
Utara (North) berasal dari kata Ner yang artinya kiri. Padahal, kalau kita perhatikan dalam peta atau kompas utara selalu berada di atas. Makna kiri di sini adalah kalau utara selalu berada di sebelah kiri matahari terbit, yaitu Timur. Hal ini untuk memudahkan pembuat peta saat itu. Dalam versi Yunani Latin, utara berasal dari Boreas, yaitu Dewa Angin Utara atau Cahaya Utara.

Baca Juga:
Mau Jadi Penyanyi Dangdut? Buruan Buka Link Daftar Bintang Suara

2. Selatan (South)
Selatan (South) berasal dari kata Sunthaz atau Sunnon. Kata-kata ini berarti matahari. Walaupun terbit dari Timur, makna kata Selatan ini tidak mengacu pada arah sinar matahari. Kata Selatan ini lebih mengacu pada daerah yang cerah di daerah Eropa Selatan. Berdasarkan bahasa Yunani Latin Selatan berarti Australis. Namanya seperti Benua Australia, hal ini karena letaknya yang berada di Selatan jika digambarkan di peta.

3. Timur (East)
Timur (East) berasal dari kata Austra, yang berarti menghadap atau sinar Matahari. Sebab namanya yang mirip denga Australis pada penamaan untuk Selatan, bahasa Jerman yang lebih baru mentransisikan Austra ke Eastre, yang juga merupakan nama dewi yang terkait dengan musim semi. Orang Romawi menggunakan Timur dengan sebutan Orient. Oleh karena itu, letak Asia yang berada di Timur orang-orangnya sering disebut “The Orient.

4. Barat (West)
Barat (West) berasal dari kata Wes, yang artinya turun. Makna turun di sini adalah terbenamnya Matahari. Berdasarkan Yunani Latin, Barat disebut Occidentalis, yang berarti sama dengan Wes, yaitu tempat Matahari jatuh atau terbenam. (Penulis:  Fajar Ramadhan)