Hati-Hati, Sakit Punggung Bisa Jadi karena Kekurangan Vitamin D!

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Paparan sinar matahari pagi pun salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D secara alami.

Sedangkan, salah satu manfaat vitamin D dalam tubuh adalah membantu menjaga kesehatan tulang dengan berbagai cara karena akan membantu tubuh menyerap kalsium. Jika seseorang kekurangan vitamin D, maka kondisi ini bisa menyebabkan sakit punggung.

Selain itu, nyeri punggung bawah juga mungkin termasuk tanda kadar vitamin D yang kurang dalam darah. Studi observasi besar juga telah menemukan hubungan antara defisiensi dan nyeri punggung bawah kronis.

Satu studi telah meneliti hubungan antara kadar vitamin D dan nyeri punggung pada lebih dari 9.000 wanita usia tua. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D cenderung mengalami sakit punggung, termasuk sakit punggung parah yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:
Mutasi E484K Virus Corona, Benarkah Bikin Virus Tak Mempan Vaksin?

Satu studi juga telah mengamati suplementasi vitamin D dan suplemen itu bisa memperbaiki sakit punggung. Studi tersebut juga menyarankan suplementasi vitamin D untuk mengatasi nyeri punggung pada orang dewasa dan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Vitamin D (Pixabay/stevepb)
Vitamin D (Pixabay/stevepb)

Studi tersebut menemukan penurunan risiko nyeri punggung pada kelompok dengan asupan vitamin D cukup, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

“Meskipun mengatasi kekurangan vitamin D dianjurkan untuk mengoptimalkan kesehatan tulang, tapi penelitian juga menunjukkan cara ini bisa membantu mengatasi nyeri punggung,” jelas peneliti dikutip dari Express.

Karena itu pengujian untuk kekurangan vitamin D pada orang yang menderita sakit punggung, kelebihan berat badan atau obesitas sangat diperlukan.

Studi observasi besar lainnya telah mengaitkan kekurangan vitamin D dengan nyeri punggung bawah kronis. Satu studi meneliti hubungan antara kadar vitamin D dan nyeri punggung pada lebih dari 9.000 wanita yang lebih tua.

Baca Juga:
Peneliti Duke: Vaksin Moderna Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona

Para peneliti menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D cenderung mengalami sakit punggung, termasuk sakit punggung parah yang memengaruhi aktivitasnya.

  • «
  • 1
  • 2
  • »