Jakarta () – Harapan tim Indonesia untuk berada di peringkat kesembilan Final Kualifikasi Asia Oseania Piala Billie Jean King Junior pupus sudah setelah kalah dari Vietnam pada babak Play Off, Kamis.

Bertanding di Stadion Tenis RK Khanna New Delhi, India, regu yang dikapteni Revel Yehezkia itu harus mengakui keunggulan Vietnam 1-2, dan terlempar dari 10 besar.

Tertinggal pada set pertama, Joanne Lynn Hartono, yang bertanding pada partai pembuka, sempat melakukan perlawanan pada set kedua. Namun, dia harus mengakui keunggulan Hanh Ngo Hong dengan 3-6 6-3 6(1)-7.

Pada partai selanjutnya, tunggal utama tim Merah Putih, Kholisa Siti Maisaroh, mampu membawa Indonesia menyamakan kedudukan. Dia menang atas Shopia Huynh Ngoc Nhi dengan dua set langsung 6-4 6-3.

Sayangnya, duet Kholisa bersama Tiara Naura Nur Azizah gagal menggadang Vietnam. Kholisa/Tiara tak kuasa menahan kekuatan Huynh Ngoc Nhi/Ngo Hong 1-6 5-7.

Dengan demikian, tim Merah Putih harus rela tersingkir dari 10 besar ajang tenis beregu putri usia 16 tahun yang dulu berlabel Piala Fed Junior itu.

Selanjutnya, Indonesia bakal menghadapi Mongolia, yang kalah 1-2 dari Iran, untuk memperebutkan posisi ke-11 dan 12 dari 15 negara peserta dari wilayah Asia Oseania.

Kekalahan dari Vietnam merupakan kekalahan kedua dari sesama negara Asia Tenggara. Pada laga perdana babak penyisihan Grup B, Indonesia juga terjungkal di tangan Thailand, yang berhasil melaju ke semifinal menyisihkan Korea Selatan.

Final Kualifikasi Asia Oseania Piala Billie Jean King Junior 2022 berlangsung pada 4-9 April. Tiga regu terbaik akan mewakili kawasan tersebut ke babak Final Dunia.

Empat tahun silam, Indonesia sukses menjadi runner-up zona dan finis di posisi kedelapan dunia. Prestasi yang ditorehkan Priska Madelyn Nugroho, Janice Tjen dan Nadya Dhaneswara di Budapest, Hungaria itu adalah prestasi terbaik sepanjang partisipasi tim Merah Putih dalam ajang tersebut.

Baca juga: Fadona Titalyana jadi debutan tim Indonesia di Piala Billie Jean King

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2022