Instagram Siapkan Fitur Baru, Tiru TikTok?

Instagram Siapkan Fitur Baru, Tiru TikTok?

Instagram sedang mengembangkan fitur baru yang membuat aplikasi seperti TikTok, yakni Instagram Story Vertikal.

Saat ini, pengguna menelusuri Story melalui ketukan dan gesekan horizontal. Fitur ini diadopsi Instagram dari Snapchat. Sekarang, Story sudah ketinggalan zaman.

Bahkan, Snapchat meminjam ide dari TikTok. Peluncuran Spotlight baru-baru ini, misalnya adalah tiruan TikToknya sendiri.

Menggesek vertikal terasa lebih alami daripada ketukan dan gerakan horizontal. Bagaimanapun, ini adalah cara pengguna menavigasi sebagian besar web seluler, serta fitur utama lainnya di berbagai aplikasi sosial, seperti Umpan Berita Facebook atau beranda YouTube.

Baca Juga:
Viral! Potret Ojol Angkut Barang Berukuran Besar, Publik: Yang Order Pelit!

Fitur baru Instagram Story. [Twitter]
Fitur baru Instagram Story. [Twitter]

Konon, mengubah Instagram Stories menjadi umpan vertikal akan menjadi perubahan penting. Ini berpotensi mengatur pengalihan dari konten yang lebih statis, seperti foto dan postingan Feed yang dibagikan ulang yang masih sering mengisi bagian Story saat ini.

Di sisi lain, dalam umpan “Story Vertikal”, Instagram kemungkinan akan memprioritaskan postingan video daripada gambar untuk lebih bersaing dengan TikTok.

Hal tersebut sama seperti saat ini menyesuaikan algoritme dan desain keseluruhannya untuk memprioritaskan Reel. Faktanya, pergantian dial yang telah dimanfaatkan oleh pembuat indie untuk meningkatkan pengikut mereka secara signifikan.

Fitur “Vertical Stories” terlihat sedang dikembangkan oleh Alessandro Paluzzi yang membagikan penemuan tersebut di akun Twitter-nya.

Tangkapan layarnya menunjukkan antarmuka pengguna sederhana dengan teks yang bertuliskan: “Sekarang Anda dapat menggeser ke atas dan ke bawah untuk menjelajahi artikel” dan kemudian tombol biru besar berlabel “Story Vertikal”.

Baca Juga:
Pengguna Instagram Bisa Kembalikan Foto yang Dihapus, Begini Caranya

Sebagaimana melansir laman Techcrunch, Kamis (4/2/2021), Paluzzi memberi tahu bahwa fitur tersebut belum ditayangkan. Sebagai gantinya, dia menggalinya dari kode Instagram.

  • «
  • 1
  • 2
  • »