Kendari () – Ikatan Pencak Silat Seluruh (IPSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini memaksimalkan persiapan dua atlet menuju PON Papua Oktober 2021 agar bisa mewujudkan target dua emas.

Ketua IPSI Sultra, Andi Ady Aksar, di Kendari, Sabtu, mengatakan agar persiapan atlet lebih maksimal, pihaknya melaksanakan Training Center (TC) mandiri terhadap kedua ateltnya tersebut, selain TC yang digelar oleh KONI Sultra.

"Perjuangan meraih medali emas memang tidak mudah, karena itu persiapan kita harus maksimal," katanya.

Dua atlet IPSI Sultra yang lolos PON Papua, yakni Aris Munandar yang akan turun di kelas D putra (60 – 65 kg) dan Wiwik Nirwan yang akan turun di kelas E putri (65-70 kg).

Menurut Ady, cabor Silat merupakan salah satu cabor unggulan di Sultra yang telah mencetak prestasi di berbagai iven tertutama di PON.

Beberapa atlet Silat Sultra yang pernah meraih juara di PON di nya, Brusli S Herman, Lipsan, Wa Ode Alfana, Permata Kemalasari, Adam Malik, Hendra Alimin dan Riki Aris Munandar.

Riki Aris Munandar yang merupakan peraih medali perunggu pada PON Jabar mengaku, meski bukan pekerjaan yang mudah, tetapi ia yakin bisa mengubah perolehannya dari medali perunggu yang diraihnya di Jawa Barat menjadi emas di PON XX Papua.

"Saat ini saya intens menjalani latihan menuju PON XX. Saya akan berupaya secara maksimal.untuk bosa meraih prestasi lebih baik lagi dari PON XIX,” katanya.

Ia mengapresiasi dukungan dari ketua Pengprov IPSI Sultra Andi Ady Aksar kepada dirinya sangat maksimal dalam persiapan menuju PON Papua.

"Untuk itu, saya akan memberikan yang terbaik buat ketua IPSI Sultra. Intinya saya akan memberikan yang terbaik dan membanggakan bapak ketua IPSI Sultra yang telah memberikan perhatian kepada kami selama pelatda PON XX kali ini," katanya.

Cabang olahraga Pencak Silat merupakan satu dari sebelas cabang olahraga (cabor) di Sultra yang akan mengirimkan atletnya di PON XX Papua.

Adapun 11 cabor yang lolos PON Papua adalah softball, Pencak Silat, bulu tangkis, karate, taekwondo, atletik, road race (balap motor), sepak takraw, dayung dan renang.

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © 2021