Jangan Lupa, Lakukan 2 Hal Penting Ini Pada Hari Suntik Vaksin Covid-19

Semua orang disarankan menjaga kesehatan tubuhnya dan menghindari beberapa kebiasaan buruk sebelum suntik vaksin Covid-19. Kini, para ahli di bidang medis telah menemukan dua hal yang harus dilakukan setiap orang pada hari suntik vaksin Covid-19 guna meningkatkan efisiensinya.

Dua hal yang harus dilakukan setiap orang adalah konsumsi makanan sehat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena, kedua hal yang paling sederhana ini bisa membantu meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19.

Para ahli juga merekomendasikan untuk memulai hari dengan normal seperti biasanya. Nikmati makanan sehat dan seimbang serta minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Minum air putih setiap hari memang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak hanya ketika seseorang sedang suntik vaksin.

Baca Juga:
Ciri-ciri Penyebab Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19

Sebab, hampir 70 persen tubuh manusia terdiri dari air yang membantu sistem internal berfungsi. Minum banyak air sebelum suntik vaksin Covid-19 bisa membantu orang berpikir jernih dan mencegah perubahan suasana hati yang drastis.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Sedangkan, seseorang juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tidak hanya ketika suntik vaksin. Karena, memastikan kesejahteraan dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh sangat penting sebelum suntik vaksin Covid-19.

Apalagi kita semua tahu bahwa suntik vaksin Covid-19 bisa menyebabkan efek samping ringan, seperti nyeri, bengkak, menggigil, sakit kepala, kelelahan dan demam.

Semua kondisi itu menunjukkan bahwa vaksin sedang bekerja di dalam tubuh membentuk antibodi, yang mana semua efek samping tersebut sangatlah normal.

Sehingga konsumsi makanan kaya nutrisi di pagi hari bisa membantu meringankan pusing atau sakit kepala yang mungkin dialami Anda setelah suntik vaksin Covid-19.

Baca Juga:
Lansia Kekurangan Gizi Bisa Pengaruhi Efektivitas Vaksin Covid-19

Perlu diingat bahwa setiap orang membutuhkan dua kali suntikan vaksin Covid-19 dengan rentang waktu satu minggu atau 15 hari untuk membentuk antibodi yang lebih kuat.

Tapi dilansir dari Times of India, suntik vaksin Covid-19 ini masih belum menjamin perlindungan Anda terhadap virus corona Covid-19. Anda harus melakukan beberapa hal tembahan untuk meningkatkan kemanjuran vaksin.

Ilustrasi makanan sehat (Unsplash)
Ilustrasi makanan sehat (Unsplash)

1. Tidur tepat waktu

Jika Anda akan suntik vaksin Covid-19, pastikan Anda sudah cukup tidur di malam setidaknya 24 jam sebelumnya. Karena, kurang tidur bisa menyebabkan variasi dalam proses kekebalan yang dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi.

2. Olahraga

Jika memungkinkan, olahraga atau aktivitas fisik apapun yang dilakukan 2-3 hari sebelum suntik vaksin akan membantu membentuk kekebalan.

3. Hindari obat anti-inflamasi

Hindari semua jenis obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri, mengurangi inflamasi dan menurunkan demam. Obat ini bisa menghambat sistem respons kekebalan tubuh dan akan mengurangi kemanjuran vaksinasi.