Jangan Ragu! ITAGI dan Komnas KIPI Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Aman Buat Lansia

Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) memastikan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok lanjut usia atau lansia justru sangat rendah.

Ketua ITAGI Sri Rezeki S Hadinegoro menjelaskan gejala yang dialami pasca penyuntikan sifatnya ringan dan mudah diatasi, sehingga para anak diimbau untuk tidak perlu khawatir, manfaat vaksinasi jauh lebih besar dibandingkan risikonya.

“Efek samping kedua vaksin ini (Sinovac dan AstraZeneca) cukup ringan, tidak ada yang masuk RS atau sampai meninggal. KIPI pada lansia ini justru sangat sangat sedikit dibandingkan yang dewasa atau muda,” kata Sri dalam keterangannya, Minggu (30/5/2021).

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari menambahkan kesadaran masyarakat lansia cukup baik karena mengetahui masuk dalam kelompok rentan.

Baca Juga:
Muncul Covid-19 Hibrida di Vietnam, Gabungan Varian India dan Inggris

Namun terkadang justru dari keluarga yang tidak mengizinkan lansia untuk divaksinasi.

“Karena ternyata (keluarga) memperoleh informasi yang kurang tepat atau pihak yang tidak berwenang terkait imunisasi atau vaksinasi,” jelas Hindra.

Dia menceritakan dirinya telah divaksin dua kali meski juga termasuk kategori lansia yang memiliki gangguan irama jantung, penderita hipertensi, kolesterol juga sempat tinggi, dan begitu juga asam urat.

“Alhamdulillah sehat, saya sudah dua kali divaksinasi jadi jangan ragu-ragu,” ucap Hindra.

Diketahui, jumlah lansia yang sudah divaksin masih sedikit, baru 3.293.415 lansia yang mendapat dosis pertama, dan 2.716.967 lansia yang sudah menuntaskan vaksin, padahal jumlah sasarannya 21.553.118 orang lansia.

Baca Juga:
Jangan Kepedean Kalau Tes PCR Negatif dan Berita Terpopuler lainnya