Makassar () – Karateka putri asal Sulawesi Selatan (Sulsel) Krisda Putri Aprilia sukses merebut medali emas untuk kontingen Indonesia pada ajang South East Asian Karate Federation (SEAKF) 2022 di Kamboja, Jumat.

Pelatih Karate Sulsel Mursalim Badoo saat dikonfirmasi di Makassar, Jumat, mengatakan raihan emas Krisda Putri didapat seusai mengalahkan karateka dari Filipinal di partai final nomor kata perorangan putri.

"Tentu kita ucapkan Alhamdulillah dengan keberhasilan ini. Sulsel sendiri masih punya pasangan kata putra di pelatnas namun tidak diturunkan di SEAKF 2020," katanya.

Ia menjelaskan, kesuksesan atlet kelahiran Ujung Pandang, 5 April 1999 tersebut, semakin membuka peluangnya meraih hasil serupa pada SEA Games 2022 Vietnam.

Pelatih yang rutin mendapat kepercayaan menangani timnas ini mengaku turnamen SEAKF sendiri merupakan ajang pemanasan bagi setiap karateka sebelum tampil di SEA Games pada Mei mendatang.

Keberhasilan ini, kata dia, memperpanjang capaian prestasi Krisda. Sebab sebelumnya juga sukses menyumbangkan medali emas bagi Sulsel di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua.

"Soal ancaman di SEA Games, saya kira masih sama di SEAKF serta wakil Vietnam yang tentunya akan berjuang lebih keras sebagai tuan rumah," pungkas Mursalim Badoo.

Baca juga: PB Forki: Kejuaraan Karate Asia jadi bekal persiapan SEA Games 2022
Baca juga: LaNyalla : Filosofi karate dapat bangun karakter bangsa

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © 2022