Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Mata Juling atau Jereng

Seseorang dengan kondisi mata juling kerap mengalami masalah kepercayaan diri. Mata juling atau mata jereng sendiri merupakan kelainan pada mata yang terjadi akibat berbagai faktor.

Pertanyaannya kini, apakah mata juling bisa disembuhkan dan bagaimana caranya?

Dikutip Suara.com dari Hello Sehat, mata juling adalah kondisi di mana mata tidak mampu melihat ke satu arah dan fokus pada titik kejauhan.

Dikenal dengan nama medis Strabismus, mata juling biasanya terjadi pada anak atau bayi yang sedang mengalami perkembangan fisik dan memiliki masalah di bagian otak, otot mata, serta saraf mata yang tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Juga:
Bola Mata Ikut Ditato, Wanita Ini Habis Rp500 Juta untuk Jadi Vampir Barbie

Moffy, model cantik bermata juling. (Instagram/@moffygathornehardy)
Ilustrasi: Moffy, seorang model cantik bermata juling. (Instagram/@moffygathornehardy)

Dalam beberapa kejadian, mata juling juga bisa diakibatkan oleh keturunan.

Mata juling jarang terjadi ketika seseorang sudah berusia dewasa. Meskipun begitu, stroke, trauma pada otak, serta diabetes dapat menjadi faktor risiko yang bisa menyebabkan mata juling pada orang dewasa.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan segera, maka bukan tidak mungkin anak akan mengalami penurunan kemampuan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Sementara itu, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mata juling, yaitu:

  • Menggunakan kacamata atau lensa, hal ini dapat membantu orang dengan mata juling untuk fokus dalam melihat objek.
  • Pemberian obat-obatan melalui suntikan. Obat yang diberikan adalah obat yang berfungsi untuk meregangkan otot mata sehingga memudahkan penderita untuk lebih fokus.
  • Terapi lensa prisma. Lensa ini khusus diberikan untuk pasien dengan mata juling. Cara kerja lensa ini dengan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata agar mata mudah fokus untuk melihat berbagai objek.
  • Melakukan operasi. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan serta membenarkan otot mata yang tidak benar. Tetapi biasanya metode ini sangat mahal untuk dilakukan.

Terapi mata juling dengan olahraga mata
Olahraga mata adalah salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati mata juling. Namun, bukan berarti terapi ini dapat menggantikan posisi terapi medis yang sebaiknya di jalani oleh penderita.

Baca Juga:
Aksi Koboi Jalanan di Duren Sawit, Polisi Jemput 2 Saksi Mata di TKP

Lalu apa saja tahapan terapi mata juling dengan cara olahraga mata?Berikut adalah caranya:

  • «
  • 1
  • 2
  • »