Penyelenggaraan sepatu roda PON Papua telah berakhir dan Anda tentu saja harus ada evaluasi agar ke depan lebih baik

Jakarta () – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman resmi melantik dan mengukuhkan kepengurusan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Porserosi) masa bakti 2021-2025 di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Kamis.

Marciano berharap PB Porserosi yang diketuai Velix Vernando Wanggai dapat melanjutkan perjuangan ketua umum sebelumnya mendiang Klemen Tinal untuk membawa organisasi tersebut jauh lebih baik lagi.

"Saya mengapresiasi yang tinggi kepada Anda sekalian pada masa pandemi COVID-19 ini, saudara mampu menghadirkan sepatu roda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan saat itu juga dilaksanakan musyawarah nasional dan hasilnya masa bakti kepengurusan 2021-2025," kata Marciano dalam sambutannya, Kamis.

Pada PON Papua, lanjut Marciano, sepatu roda mendapat perhatian sangat tinggi karena sebelumnya mendiang Klamen Tinal yang juga Wakil Gubernur Papua telah memberikan bukti nyata dengan adanya arena sepatu roda berstandar internasional di Papua yang kini bernama Klemen Tinal Roller Sport Stadium.

"Oleh karena itu merupakan suatu pekerjaan keras dan berat untuk Anda semua. Penyelenggaraan sepatu roda PON Papua telah berakhir dan Anda tentu saja harus ada evaluasi agar ke depan lebih baik," ujar Marciano.

Dia juga berharap PB Porserosi dapat memanfaatkan secara maksimal adanya arena berstandar internasional dengan menggelar berbagai event sepatu roda. Menurutnya, tak sulit mencari peminat sepatu roda karena merupakan cabang olahraga yang menarik untuk anak muda. Dengan pendekatan yang tepat akan dengan mudah mendapatkan bibit atlet potensial yang berprestasi dan bisa mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Saya berharap ke depan komunikasi PB Porserosi dan KONI Pusat akan jauh lebih baik. Pun demikian dengan pengurus di provinsi dan kabupaten. Tunjukkan dengan prestasi sehingga pemerintah dapat lebih memperhatikan cabang olahraga sepatu roda," kata Marciano.

Baca juga: Atlet Jabar antusias dengan arena sepatu roda internasional di Papua

Sementara itu, Velix Vernando Wanggai bertekad untuk bisa mewujudkan visi melangkah ke seluruh negeri untuk mengapai prestasi global. Kepengurusan PB Porserosi saat ini diisi oleh perwakilan dari berbagai provinsi di Tanah Air mulai dari Aceh hingga Papua dan juga figur-figur setiap disiplin dengan latar belakang profesional, olahraga, usaha, dan birokrasi.

"Kami bersama-sama membawa mimpi dan visi besar dari sahabat kita semua mendiang Klamen Tinal. Kami siap menerima arahan dan nasihat serta kritik untuk melangkah maju," kata Velix.

Dalam masa kepemimpinannya, lanjut Velix ada sejumlah langkah yang bakal dilakukan. Mulai dari konsolidasi organisasi ke seluruh 34 pengurus provinsi dan lebih dari 500 pengurus kabupaten. Kemudian melihat mata lomba yang sudah dilaksanakan baik pada PON dan ajang internasional lainnya.

"Tanggung jawab dan tentunya amanat dari KONI untuk membangun olahraga ini melalui jalur pendidikan, rekreasi, dan juga prestasi. Sebab, mata lomba tidak hanya nasional melainkan internasional seperti SEA Games, Asian Games dan skateboard juga sudah dilombakan di Olimpiade. Sehingga kami bertanggung jawab untuk membangun kompetisi yang teratur dan menemukan talenta-talenta muda yang bisa bersaing di tingkat global," pungkas Velix.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI raih medali emas dan perak sepatu roda PON Papua

Berikut susunan pengurus PB Perserosi periode 2021-2025:

Ketua Umum: Velix Vernando Wanggai

Wakil Ketua Umum
-Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Hubungan antar Lembaga: Anugerah Bomasjantha
-Bidang Pembinaan Teknis dan Peningkatan Prestasi: Jeffry Abel
-Bidang Hubungan Bidang Luar Negeri: Eri Marina Yo
-Bidang Kemitraan, Humas, dan Media: Nia Zulkarnaen

Sekretaris Jenderal: Sandra Erawanto
Wakil Sekretaris Jenderal I: Atiek Kusmiati
Wakil Sekretaris Jenderal II: Andrianyah

Bendahara Umum: Ivan P. Sadik
Wakil Bendahara Umum I: Julita Mada Saragih
Wakil Bendahara Umum II: H. Muhammad Hatta

Biro-biro
Biro Pembinaan Teknik dan Peningkatan Prestasi: Faisal Norman
Biro Kesehatan dan Gizi: Carmen M. Siagian
Biro Organisasi dan Keanggotaan: Faisal Saifuddin
Biro Hukum dan Advokasi: Marwan
Biro Kemitraan dan Jaringan: Andri Yansyah
Biro Sarana dan Prasarana: Muhammad Fatahillah
Biro Keilmuan keolahragaan: Alfroki Martha
Biro Teknologi Informasi, Humas, dan Publikasi: Irwansyah Putra Panjaitan

Komisi-komisi
Komisi Sepatu Roda Cepat: Ronald Chevalier
Komisi Sepatu Roda Hoki dan Artistik: Detje Ahmad Nursyamsi
Komisi Sepatu Roda Skateboard dan Inline Downhill: Pevi Permana
Komisi Sepatu Roda Inline – Aggressive: Thomas Nawilis
Komisi Sepatu Roda Frestyle: Arie Martin
Komisi Pertandingan dan Perwasitan: Bonny Wibisono
Komisi Data, Penelitian, dan Pengembangan Atlet: Lika Nurnadi Ariestika

Baca juga: Klemen Tinal dan arena sepatu roda standar internasional di PON papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2021