Semoga dari kantor ini, PB FOBI dapat produktif menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan juga program yang dapat dikaitkan dengan sport tourism

Jakarta () – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah meresmikan kantor sekretariat Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) yang berlokasi di Jalan KH. Mansyur Kav 129-130, Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Dalam acara peresmian, Jumat (28/1), Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman berhalangan hadir secara langsung. Meski begitu, dia menyampaikan pidato khusus yang dibacakan Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Organisasi Ishak Setyadi Syam, yang didampingi Wakabid Organisasi lainnya, Budi Utoro HGS.

Dalam kalimat pertama sambutannya, Marciano menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegiat barongsai atas komitmen, semangat, pengorbanan, dan ketulusan PB FOBI yang membina olahraga barongsai dengan sepenuh hati. Sehingga saat ini memiliki markas yang diberi nama Kantor Sekretariat FOBI Gedung Kaca.

"Melihat semangat pengurus PB FOBI yang luar biasa, saya optimistis bahwa olahraga barongsai akan semakin dicintai masyarakat Indonesia,” kata Marciano seperti keterangan resmi dari KONI Pusat, Sabtu.

"Semoga dari kantor ini, PB FOBI dapat produktif menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan juga program yang dapat dikaitkan dengan sport tourism," ujar Marciano menambahkan.

Selain jajaran pengurus KONI Pusat, dalam acara kali ini hadir juga Ketua Umum PB FOBI, Edy Kusuma, tokoh Tionghoa Ted Siong, Dewan Penasihat Mayjen TNI Purn Tono Suratman dan Penasihat Ronald Syarif beserta jajaran.

Sementara Edy Kusuma juga berterima kasih atas dukungan KONI Pusat dan KONI Provinsi terhadap olahraga barongsai, sehingga saat ini terdapat 25 pengurus provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan, olahraga barongsai Indonesia menurutnya memiliki berbagai prestasi di tingkat internasional.

Sebelumnya, Edy juga telah menyampaikan bahwa program pembinaan tetap berjalan meski pada masa pandemi COVID-19. “Sekalipun pandemi, FOBI tidak pernah berhenti kegiatannya di seluruh Indonesia,” kata Edy Kusuma.

Baca juga: Kelompok Barongsai di Denpasar mulai terima pesanan pentas saat Imlek

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © 2022