Surabaya () – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung kontingen asal Jawa Timur yang menargetkan juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021.

"Saya mendukung penuh dan memberikan semangat kepada kontingen asal Jawa Timur yang menarget juara umum," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Jumat.

Pada ajang olahraga terbesar di Tanah Air tersebut, kontingen Jawa Timur diperkuat 543 atlet.

Di PON Papua, kontingen Jatim akan mengikuti 34 dari total 37 cabang olahraga yang dipertandingkan, dan para atlet maupun ofisial akan diberangkatkan secara bertahap.

Senator asal Jawa Timur itu berharap kepada para atlet untuk menyuguhkan permainan terbaik penuh semangat agar target raihan medali emas tercapai.

"Saya optimis dengan target yang ditetapkan. Karena, kontingen Jatim punya andalan dalam perhelatan PON seperti cabang olahraga (cabor) menembak, atletik, panahan, selam, renang, tenis lapangan, panjat tebing, wushu hingga gulat," ucapnya.

Baca juga: Jawa Timur targetkan juara umum

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menargetkan juara umum, meski anggaran persiapan cukup minim.

Total medali emas yang ditarget Jatim pada PON Papua di kisaran 120 keping, sekaligus memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 yang berada di posisi kedua di bawah tuan rumah.

PON Papua akan diselenggarakan di empat daerah atau klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Secara keseluruhan, terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan pada PON XX Papua.

Baca juga: Menkopolhukam nyatakan PON bisa ditonton dengan terapkan prokes ketat
Baca juga: KONI Pusat optimistis PON Papua berjalan lancar dan aman
Baca juga: Satgas COVID-19: KM Tidar disiapkan untuk dukung PON Papua

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021