Jakarta () – Bogor LavAni bakal debut dalam kompetisi bola voli paling bergengsi PLN Mobile Proliga 2022 dengan menurunkan pemain yang mayoritas binaan sendiri 

Manajer klub bola voli Bogor LavAni Ossy Dermawan mengatakan total 18 pemain dan hanya tiga atlet yang pernah merasakan atmosfer Proliga. 

Mereka adalah Dony Haryono dan Dio Zulfikri yang membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games Filipina 2019. Kemudian Muhammad Malizi yang memperkuat Indonesia pada Asian Games 2018 dan juga best blocker pada Proliga musim 2018. 

Selebihnya bakal tampil untuk kali pertama pada Proliga 2022, termasuk dua pemain asing Leandro Martins da Silva asal Brazil dan Jorge Gonzales Garcia dari Kuba. 

"Mayoritas pemain merupakan pemain binaan LavAni berusia muda. Semoga kesempatan untuk tampil dalam Proliga 2022 ini akan menjadi pelecut motivasi bagi mereka untuk menunjukkan permainan yang terbaik demi karier mereka ke depan," kata Ossy kepada , Kamis. 

Kehadiran tiga pemain langganan tim nasional juga bisa menjadi pendorong pemain muda untuk bisa unjuk kemampuan, selain bagi Leandro Martins da Silva yang bertinggi badan 2,17meter dan Leandro Martins da Silva yang setinggi 2,05meter. 

"Semoga mereka dapat mengambil peran penting dalam setiap pertandingan. Tentunya, pemilihan para pemain tersebut berdasarkan asesmen dari manajemen dan tim pelatih atas taktik dan strategi yang akan digunakan nanti," kata Ossy. 

Sebagai tim debutan, LavAni serius bersaing dengan tim besar lainnya dengan mendatangkan pelatih asal China Jeff Jiang yang jugamantan pemain nasional Negeri Tirai Bambu. "Semoga racikan coach Jeff dapat mewarnai para atlet LavAni dalam Proliga 2022," kata Ossy. 

LavAni didirikan Presiden Republik Indonesia periode 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ossy mengatakan sejak terbentuk akhir 2019, SBY bertekad memberikan kesempatan pemain muda untuk berkiprah dalam olahraga voli.

"Hal ini sebagai bentuk rasa cinta bapak  SBY terhadap belahan jiwanya, mendiang ibu Ani. LavAni berasal dari kata 'Love Ani' didedikasikan untuk mencetak pemain-pemain muda dari berbagai daerah untuk mewarnai bolavoli nasional," kata Ossy.

"Kami berkomitmen untuk terus dapat berpartisipasi dalam turnamen Proliga serta turnamen-turnamen lain dalam agenda PBVSI. Kami mohon dukungan dari masyarakat agar Bogor LavAni dapat terus berkontribusi bagi perbolavolian nasional," kata dia. 

LavAni berharap semua pemain menampilkan dan menyuguhkan permainan berkelas kepada masyarakat. 

LavAni hadir sebagai debutan bersama Kudus Sukun Badak. Kedua tim ini akan bersaing dengan klub-klub besar seperti  Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta BNI 46, dan Jakarta Pertamina Pertamax.

Proliga 2022 akan berlangsung di satu lokasi di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, mulai 7 Januari hingga 27 Maret 2022. 

Baca juga: Jakarta Elektrik PLN hadir dengan satu pemain asing pada Proliga 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022