Palembang () – Sebanyak 5.855 atlet yang mewakili 17 kabupaten/kota mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan XIII di tiga kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU Raya) pada 21-28 November 2021.

Porprov OKU Raya dilaksanakan di Kabupaten OKU (17 cabang olahraga), OKU Timur 12 (cabang olahraga) dan OKU Selatan (sembilan cabang olahraga).

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan Porprov tersebut menjadi ajang untuk menjaring atlet yang akan dipersiapkan menuju PON Aceh 2024.

“Kami ingin di Porprov OKU Raya ini lahir atlet muda berbakat yang bisa mengharumkan nama daerah di PON nanti,” kata Herman Deru di Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, Senin.

Menurut dia, keberhasilan di PON menjadi tolak ukur pembinaan olahraga di daerah. Sejauh ini, Sumsel telah memperbaiki peringkat secara nasional pada PON Papua lalu jika dibandingkan dengan PON sebelumnya di Jawa Barat.

“Sumsel mampu naik lima peringkat dari PON sebelumnya, diharapkan pada PON Aceh bisa masuk 10 besar,” ujar Herman.

Ke depan, Sumsel akan menekankan setiap kabupaten/kota memiliki cabang olahraga unggulan agar lebih fokus untuk mencetak atlet.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengatakan kabupatennya sangat bersukacita karena terpilih menjadi penyelenggara Porprov, mengingat pemkab sedang menggenjot sektor pariwisata.

“Kami dari Kabupaten OKU Selatan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dalam pelaksanaan Porprov ini. OKU Raya dipercaya sebagai tuan rumah, dan khususnya OKU Selatan yang menjadi tempat opening dan closing ceremony,” tutur Popo.

Baca juga: 16 atlet asal Ogan Ilir perkuat kontingen Sumsel dalam Papernas Papua 

Kabupaten OKU Selatan menggelar sembilan cabang olahraga di dua lokasi, yaitu di ibukota kabupaten (Kecamatan Muaradua) dan Kawasan Wisata Danau Ranau.

Popo mengatakan salah satu tujuan penyelenggaraan Porprov itu, yakni untuk mendukung Provinsi Sumatera Selatan sebagai destinasi bertajuk sport tourism yang memadukan olahraga dan rekreasi.

Selama pelaksanaan Porprov, digelar pula kegiatan bazaar UMKM di destinasi wisata Danau Ranau, lengkap dengan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya setempat.

Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin mengungkapkan Porprov tersebut akan menjadi ajang seleksi atlet untuk dipersiapkan menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menuju Kejurnas, bahkan PON. 

"Porprov ini merupakan tolok ukur pembinaan atlet yang dilakukan kabupaten/kota, tentunya hasil yang didapat dari Porprov ini dapat dijadikan acuan mengenai perkembangan olahraga di Sumsel. Ini juga menjadi media evaluasi bagi KONI," pungkas Hendri. 

Baca juga: Gubernur Sumsel janjikan bonus Rp300 juta untuk medali emas PON Papua 
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021