Mampu Membersihkan Usus, Yuk Konsumsi Makanan Ini Biar Sehat!

Mampu Membersihkan Usus, Yuk Konsumsi Makanan Ini Biar Sehat!

Usus yang sehat bukan hanya melegakan untuk perut tapi juga kesehatan secara keseluruhan. Menurut Janvi Chitalia, seorang pelatih kesehatan mikrobioma usus integratif dan ahli gizi fungsional menyatakan bahwa berbagai masalah usus sangat terkait dengan makanan.

“Makanan yang membersihkan usus besar secara keseluruhan sangat penting untuk menjaga usus besar tetap sehat dan bahagia,” saran seperti yang dikutip dari Healthshots.

Melansir dari Healthshots, Chitalia merekomendasikan beberapa makanan yang membantu Anda membersihkan usus secara alami, antara lain:

1. Sayuran hijau

Baca Juga:
Pengertian Efikasi dan Efektivitas Pada Produk Vaksin

Makanan yang tinggi magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau penting untuk dikonsumsi karena berdampak positif dalam menenangkan saraf usus.

Orang dengan sindrom iritasi usus besar mengalami kadar magnesium yang rendah. Jadi, mendapatkan asupan magnesium melalui berbagai makanan atau suplemen magnesium akan membantu menjaga kesehatan usus besar.

Buah dan sayuran (Shutterstock)
Buah dan sayuran (Shutterstock)

2. Oat dan apel

Serat larut seperti gandum dan apel adalah membantu melembabkan lapisan usus, sehingga membantu gerakan makanan.

3. Alpukat atau kangkung

Baca Juga:
Sindir Makanan 45 Juta, Pria Ini Makan Nasi dan Krupuk di Atas Motor Mahal

Alpukat atau kankung mengandung glutathione yang merupakan antioksidan utama pembantu regenerasi atau memperbarui sel-sel usus. Glutathione juga mampu membantu mengatur ulang sel-sel lapisan usus yaitu enterosit.

4. Kaldu tulang

Kaldu tulang membantu mempercepat penyembuhan usus.

“Kaldu tulang membantu menyembuhkan integritas lapisan usus dengan menutup ruang kecil. Ikan organik atau kaldu tulang ayam adalah pilihan yang baik, tetapi kualitas tulang harus baik,” ujar Chitalia.

5. Jahe

Penderita GERD atau acid reflux sering mengeluh karena lambatnya laju pencernaan. Jahe bisa menjadi solusi karena berperan sebagai prokinetik yang sangat baik dalam membantu meningkatkan kecepatan motilitas feses.