Mengenal Khasiat Minyak Atsiri, Jadi Antivirus Hingga Enyahkan Bau Badan

Dikenal sebagai negara penghasil rempah membuat Indonesia kaya akan ilmu pengobatan alami warisan leluhur yang telah turun temurun. Salah satu yang terkenal adalah khasiat dari minyak atsiri.

Kepala Pusat Studi Bio Farmaka Tropika LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IPB, Prof. Dr Irmanida Batubara Msi memaparkan, minyak atsiri merupakan minyak yang dihasilkan dari berbagai rempah khas Nusantara seperti cengkeh dan pala yang telah membentuk peradaban dunia sejak seribu tahun lalu.

Di dalamnya, kata dia ada senyawa aktif yang mengandung berbagai manfaat. Seperti antibakteri, antivirus, antijamur, analgesik, merangsang selera makan, bahkan dapat berfungsi sebagai penghilang bau badan.

Prof. Dr Irmanida menambahkan, menghirup minyak atsiri juga dapat menurunkan kadar stress seseorang, karena kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:
6 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci, Ampuh!

“Senyawa aktif yang terkandung dalam minyak atsiri apabila dihirup dapat menurunkan kadar stress pada tubuh, serta mebuat laju detak jantung lebih teratur. Sehingga tubuh seseorang yang menghirupnya menjadi lebih rileks,” katanya.

Prof. Dr Irmanida Batubara Msi juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memanfaatkan kekayaan rempah yang dimiliki bangsa ini, tentunya dengan didukung oleh sains agar pemanfaatannya tetap aman.

Kini pemanfaatan rempah khas Nusantara dapat dirasakan khasiatnya melalui Minyak Balur Kauniyah yang diramu dengan 13 rempah khas Nusantara.

Minyak ini dapat digunakan pada berbagai bagian tubuh untuk mendapatkan berbagai manfaat untuk semua usia, seperti membalurkannya di bagian tengkuk, dahi dan pelipis dapat mengatasi nyeri dan sakit kepala serta gangguan tidur.

Membalurkannya di bagian betis kaki yang sakit, dapat membantu untuk mengatasi pegal-pegal, memar, benjol, serta ambeien.

Baca Juga:
4 Jenis Rempah yang Tak Baik untuk Pencernaan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Selain itu, membalurkan Minyak Balur Kauniyah pada bagian kulit dapat mengatasi mual, nyeri haid pada perempuan saat datang bulan, serta mengatasi gangguan pencernaan.