Jakarta () – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai memberikan motivasi kepada atlet pelatnas NPC langsung melanjutkan agendanya dengan diskusi bersama atlet Paralimpiade dan yang lebih menarik dilakukan sambil makan lesehan di pinggir jalan kota Solo, Jawa Tengah, Jumat malam.

Dan ternyata, makan nasi liwet Bu Sani di Jalan Gemblegan, Kota Solo itu merupakan inisiasi dari peraih dua medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 dari cabang para-bulu tangkis, Leani Ratri Oktila.

"Awalnya ajakan itu dari Ratri dan Suryo (atlet para bulu tangkis), saat saya ketemu mereka ketika meninjau pelatnas NPC di Solo sore tadi, atas ajakan itu langsung spontan saya jawab oke dan siap, tapi saya minta supaya yang lain juga diajak supaya bisa ngobrol bareng di tempat makan. Ternyata saya dibawa ke warung pinggir jalan nasi liwet Yu Sani sambil lesehan," kata Menpora Amali dalam keterangan resminya.

Benar saja, saat makan nasi liwet, Leani Ratri Oktila tidak datang sendiri. Ada juga terlihat juga atlet para- tenis meja, David Jacob dan atlet para-bulu tangkis lainnya, Khalimatus Sadiyah.

Meski Kota Solo di mana pelatnas NPC di gelar, ternyata tidak menyurutkan semangat atlet Paralimpiade untuk tukar pikiran dengan orang nomor satu di Kemenpora itu. Beberapa topik dibahas terutama soal prestasi ke depan atlet disabilitas Indonesia.

"Sambil menikmati kuliner kota Solo di malam hari kami juga mendiskusikan berbagai hal tentang prestasi atlet disabilitas dan kedepannya akan seperti apa," kata Menpora Amali menambahkan.

Baca juga: Begini tahapan atlet disabilitas dari awal hingga masuk pelatnas

"Saya sangat merasakan suasana keakraban dengan para atlet pejuang yang telah mengharumkan nama bangsa ini. Semoga setiap kehadiran saya di tengah-tengah atlet disabilitas dan para pelatih itu bisa menambah semangat dan motivasi mereka untuk berprestasi lebih baik lagi ke depan," kata pria asal Gorontalo itu.

Sementara itu, Leani Ratri Oktila mengaku senang bisa mengajak Menpora Amali makan nasi liwet sambil lesehan di pinggir jalan. Apalagi bisa diskusi langsung terkait dengan perkembangan atlet Paralimpiade.

"Senang sekali dan tidak menyangka Pak Menteri mau makan di pinggir jalan sambil lesehan. Terima kasih banyak pak Menteri," kata Leani.

Baca juga: Komisi X DPR puji capaian atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2022