Pagi atau Sore, Kapan Olahraga yang Baik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur?

Pagi atau Sore, Kapan Olahraga yang Baik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur?

Tidur dan berolahraga merupakan dua rutinitas penting yang baik untuk kesehatan. Dalam hal ini nyatanya olahraga di waktu dan intensitas yang tepat bisa membantu kualitas tidur yang lebih baik.

Melansir dari Times of India, meskipun para ahli masih belum dapat mempersempit bagaimana tepatnya olahraga memengaruhi tidur, namun ada sejumlah cara yang mungkin berpengaruh.

Olahraga aerobik ringan diketahui dapat meningkatkan jumlah tidur nyenyak di mana tubuh memiliki kesempatan meremajakan dirinya. Olahraga juga menyeimbangkan suasana hati dan membantu menenangkan pikiran yang membantu dalam memastikan Anda tidur nyenyak.

Beberapa ahli juga menilai naiknya suhu tubuh akibat berkeringat saat berolahraga juga bisa membantu dalam mengatur tidur.

Baca Juga:
Olahraga 11 Menit Sehari Bisa Turunkan Risiko Kesehatan Akibat Sering Duduk

Ilustrasi olahraga. (Elements Envato)
Ilustrasi olahraga. (Elements Envato)

Untuk waktu olahraga, para ahli menyatakan bahwa olahraga pagi hari dianggap tidak membuat suhu tubuh cukup tinggi untuk meningkatkan kualitas tidur. Di sisi lain, berolahraga tepat sebelum tidur juga dapat mengganggu adrenalin. Hal ini disebabkan karena kenaikan suhu inti tubuh dan juga detak jantung Anda tidak turun sehingga sistem saraf Anda tidak stabil.

Oleh karena itu, waktu yang paling efektif berolahraga adalah sore hari. Berolahraga di sore hari memberi suhu tubuh Anda waktu yang cukup untuk naik dan turun pada saat Anda harus tidur.

Jika Anda berolahraga mendekati jam tidur, maka lakukan olahraga beban yang tak terlalu memengaruhi tubuh. Namun jika sore hari, Anda bisa melakukan olahraga beban, kardio, dan lainnya.