Jakarta () – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Karate-Do Indonesia (PB Forki) Raja Sapta Ervian mengatakan Kejuaraan Karate Asia 2021 bisa dijadikan parameter sekaligus bekal untuk menghadapi SEA Games Hanoi, Vietnam dan Asian Games Hangzhou, China pada 2022.

Skuad Merah Putih meraih hasil apik selama bersaing dalam ajang yang berlangsung di Almaty, Kazakhstan, pada 18-22 Desember, dengan membawa pulang dua medali emas, lima perak dan empat perunggu. Raihan ini menempatkan Indonesia di urutan kedelapan dalam klasemen akhir perolehan medali.

Sementara urutan pertama diraih Iran dengan 14 emas, 10 perak dan 15 perunggu. Tuan rumah Kazakhstan di urutan kedua dengan 11 emas, 8 perak dan 13 perunggu. Jepang di posisi ketiga dengan raihan delapan emas, satu perak dan satu perunggu.

Adapun Vietnam menjadi negara Asia Tenggara terbaik di atas Indonesia dengan finis di urutan keenam dengan mengantongi tiga emas dan satu perunggu.

"Ini prestasi yang sangat baik. Kami memberikan apresiasi ke atlet dan pelatih. Ini juga jadi penilaian untuk lawan yang akan bertemu lagi pada SEA Games dan Asian Games nanti yang jadi target prestasi PB Forki," kata Ervian dalam keterangan resminya, Kamis. 

Sementara itu, Kepala Delegasi Tim Karate Indonesia untuk Kejuaraan Karate Asia 2021 Darly Siregar mengatakan pengiriman atlet ke Kazakhstan dalam konteks pemantauan karateka yang bakal mewakili Indonesia pada SEA Games Hanoi 2022.

"Kami akan mengevaluasi dari hasil-hasil kejuaraan, termasuk pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. PB Forki akan melihat perkembangan prestasi atlet melalui ajang-ajang tersebut, juga Kejuaraan Nasional," kata Darly yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Luar Negeri PB Forki kepada , Kamis.

Nantinya, lanjut Darly, PB Forki pada Januari 2022 akan melakukan pembentukan skuad untuk SEA Games 2022 dengan jumlah 150 persen dari kuota atlet. Kemudian, pada Maret 2021 sudah terbentuk dan bakal melakukan satu kali tryout sebelum bersaing di Hanoi.

Baca juga: Indonesia berada di posisi delapan pada Kejuaraan Karate Asia 2021 

SEA Games Hanoi, Vietnam, bakal berlangsung pada 12-23 Mei 2022. Karate akan menjadi satu dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. 

Pada SEA Games terakhir di Filipina 2019, Indonesia menempati posisi keempat dalam klasemen akhir cabang olahraga karate dengan raihan dua emas, tiga perak dan empat perunggu.

Dua emas masing-masing diraih oleh Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada nomor kata putra dan Krisda Putri Aprilia untuk kata putri.

Sedangkan posisi pertama dihuni Malaysia dengan raihan empat emas dan empat perak. Sementara Thailand di urutan kedua dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu. Lalu Vietnam di urutan ketiga dengan dua emas, tiga perak dan enam perunggu. 

Baca juga: Indonesia berpotensi tambah medali pada Kejuaraan Karate Asia 2021 
Baca juga: Indonesia sabet dua emas pada hari pertama Kejuaraan Karate Asia 2021 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021