Jakarta () – Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akhirnya resmi memanggil 12 pemain putri untuk masuk skuad Indonesia untuk persiapan menghadapi SEA Games Hanoi, Vietnam, yang dijadwalkan bergulir pada 12-23 Mei.

Pemanggilan pemain ini tak lepas dari pengumuman Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memastikan tim bola voli putri indoor masuk dalam Kontingen Merah Putih dalam pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. Berbeda dengan edisi sebelumnya, jumlah atlet yang diterjunkan ke SEA Games Hanoi secara keseluruhan cenderung berkurang yakni berjumlah 476 atlet dari 31 cabang olahraga.

Khusus untuk bola voli, Kemenpora semula hanya akan memberangkatkan tim indoor putra dan voli pantai putra dan putri. Namun akhirnya tim indoor putri juga bisa bersaing di SEA Games Hanoi.

Keputusan itu membuat ketua umum PP PBVSI Imam Sudjarwo menyambut gembira. Meski faktanya, secara jumlah berkurang dari SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019 yakni dengan komposisi 14 pemain. "Adanya pemberangkatan ini menunjukkan pemerintah sungguh-sungguh mengembangkan olahraga bola voli," kata Imam dalam keterangan resmi, Rabu.

Dengan keberangkatan ini, lanjut Imam, PP PBVSI akan melakukan persiapan dengan baik. "Sehingga tugas kami mempersiapkan tim dengan baik dan menargetkan meraih medali emas baik putra maupun putri," katanya.

Adapun dari 12 nama yang dipanggil mayoritas wajah lama seperti Amalia Fajrina Nabila, Arsela Nuari Purnama, Megawati Hangesti Pertiwi, Ratri Wulandari, Shella Bernadetha Onnan, Tisya Amalya Putri, Wilda Siti Nurfadilah Sugandi, dan Ditta Azizah.

Pemain di atas pada SEA Games 2019 di Filipina menyumbang perunggu untuk Indonesia. Selain itu ada juga nama Nandita Ayu Salsabila, Yolana Betha Pangestika, Yolla Yuliana, dan Shintia Alliva Maulidina.

Mereka akan berada di bawah arahan pelatih Risco Herlambang dan dibantu Alim Suseno, Pedro Lilipali, dan Rastoni yang bertugas sebagai asisten.

Berikut 12 pevoli putri yang dipanggil masuk SEA Games Hanoi, Vietnam:

1. Amalia Fajrina
2. Arsela Nuari Purnama
3. Megawati Hangesti Pertiwi
4. Nandita Ayu Salsabila
5. Ratri Wulandari
6. Shella Bernadetha Onnan
7. Tisya Amalya Putri
8. Wilda Siti Nurfadillah Sugandi
9. Yolana Betha Pangestika
10. Yolla Yuliana
11. Ditta Azizah
12. Shintia Alliva Maulidina

Tim pelatih
Risco Herlambang – pelatih
Alim Suseno – asisten
Pedro Lilipali – asisten
Rastoni – asisten.

Baca juga: Timnas bola voli putra tanpa uji tanding jelang SEA Games Hanoi
Baca juga: PBVSI tunjuk pelatih asal China untuk timnas bola voli putra

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2022