Jakarta () – Pelatih timnas renang Indonesia Albert C Sutanto mengatakan Azzahra Permatahani memiliki potensi untuk mengakhiri paceklik medali emas sektor putri pada gelaran SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Menurutnya, progres perenang 19 tahun itu sejauh ini terbilang baik. Albert pun berharap performa Azzahra terus mengalami peningkatan, khususnya pada nomor 400meter gaya ganti perorangan putri.

"Di Asia Tenggara atau nanti pada SEA Games kali ini (Hanoi), saya rasa kesempatan Azzahra besar sekali pada nomor 400 meter gaya ganti. Semoga bisa terus meningkat," kata Albert kepada , Rabu.

Sekadar informasi, Azzahra adalah pemegang rekor nasional (rekornas) untuk nomor 400meter gaya ganti perorangan putri yang dia ciptakan saat berlaga di Singapura pada 2019 dengan membukukan 4 menit 48,51 detik.

Baca juga: Azzahra tebus kegagalan dengan emas 400m gaya ganti putri

Dia juga menjadi wakil Indonesia satu-satunya yang tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 setelah mendapat wildcard. Saat tampil dalam pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, perenang asal Riau itu turun pada nomor 400meter gaya ganti perorangan dengan membukukan catatan waktu 4:54,54 detik.

Sedangkan pada penampilan terakhir dalam kejuaraan renang Indonesia Terbuka atau Indonesia Open Aquatic Championships di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada 9-12 Desember 2021, Azzahra finis terdepan dengan membukukan 5 menit 02,95 detik untuk nomor 400meter gaya ganti perorangan putri.

Albert menaruh harapan besar kepada Azzahra dan perenang putri Indonesia lainnya untuk bisa meraih medali emas pada SEA Games Hanoi. Maklum, Merah Putih sudah lama mengalami paceklik pada sektor putri.

Kali terakhir, lanjut Albert, Indonesia meraih emas pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut adalah ketika menjadi tuan rumah pada 2011.

Ketika itu, Yessy Yosaputra menjadi perenang putri terakhir yang mampu menyumbangkan emas untuk Indonesia pada gelaran SEA Games usai finis terdepan pada nomor 200meter gaya punggung dengan catatan waktu 2 menit 15,73 detik.

Baca juga: Yessy pecahkan rekor renang SEA Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2021