Jayapura () – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menargetkan 70 persen warga yang tinggal di sekitar arena lokasi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua klaster Kabupaten Jayapura mendapatkan vaksinasi COVID-19, di nya Distrik Sentani, Sentani Timur dan distrik Waibhu.

"Kami harap 70 persen masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya di tiga distrik yang memiliki venue pelaksanaan PON, harus mendapatkan vaksin COVID-19. Jadi, minimal 70 persen warga yang ada di tiga distrik ini harus tervaksin. Kami optimistis capaian vaksinasi tiga distrik bisa melebihi target tersebut," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw melalui laman daerah Pemkab Jayapura, Minggu.

Mathius mengatakan upaya vaksinisai di daerah tersebut terus digalakkan oleh Pemkab Jayapura dan bekerja sama dengan sejumlah pihak lainnya, mulai dari TNI dan Polri, unsur pemerintahan sampai di tingkat kampung, serta organisasi masyarakat dengan tenaga medis yang tersebar di beberapa titik. 

Pemerintah Kabupaten Jayapura, menurut dia, akan bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk melaksanakan program vaksinasi COVID-19 di daerah tersebut.

"Pemkab Jayapura melalui Dinas Kesehatan telah membuka layanan vaksin bagi masyarakat di 72 titik yang ada di Kabupaten Jayapura. Kami beri apresiasi kepada sejumlah pihak yang sudah terlibat aktif membantu pemerintah dalam menyukseskan dan menjalankan program vaksinasi COVID-19," ujar Mathius. 

Baca juga: Jayawijaya dukung suksesnya PON Papua 
Baca juga: Dandim ajak warga Mimika ciptakan keamanan sambut PON XX Papua 

Lebih lanjut, Mathius yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura itu pun berharap agar masyarakat mendukung penuh program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Jayapura. 

"Saya harap masyarakat tidak mempercayai informasi bohong atau hoaks yang tersebar di media sosial, yang sifatnya menyesatkan. Saya sendiri sudah divaksin dan itu sudah dilakukan sebanyak dua kali. Jadi saya harap kepada masyarakat di daerah ini agar menjemput program ini dan mendukung pemerintah. Supaya pelaksanaan vaksin ini dapat menjangkau seluruh masyarakat di daerah ini," imbuh Mathius. 

PON XX Papua akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan total 679 pertandingan, 56 nomor disiplin olahraga dan 6.442 atlet yang tersebar di empat klaster penyelengara, di nya Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Mimika dan Kabupaten Jayapura. 

Baca juga: Panitia jabarkan protokol kesehatan ketat untuk peserta PON XX Papua 
Baca juga: Optimis tepat waktu, Dinas PUPR Papua genjot kerjaan infrastruktur PON 
Baca juga: KONI Pusat sebut mayoritas atlet PON Papua sudah divaksin 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021