Kediri () – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan bonus kepada atlet Kota Kediri yang telah meraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Papua. 

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengucapkan selamat dan terima kasih kepada KONI, pelatih dan para atlet atas capaian yang luar biasa untuk Kota Kediri.

"Kota Kediri sangat luar biasa. Atletnya hebat-hebat. Selamat kepada adik-adik para atlet atas capaiannya yang luar biasa, khususnya bagi Kota Kediri dan Jawa Timur, sehingga Jawa Timur bisa mendapat juara ketiga," kata Abdullah di Kediri, Selasa. 

Ia menambahkan kondisi pandemi COVID-19 ini sekaligus menyadarkan masyarakat bahwa kesehatan dan olahraga memiliki korelasi yang sangat tinggi, sehingga banyak masyarakat yang saat ini gemar dan hobi berolahraga, mulai dari bersepeda, lari dan lainnya.

Untuk itu, ia pun berharap akan semakin banyak atlet yang tumbuh di Kota Kediri.

"Saya melihat potensi yang sangat luar biasa, di mana masyarakat saat kondisi pandemi ini sudah banyak yang peduli terhadap olahraga. Semoga kita bisa mengedukasi masyarakat tentang olahraga," ujar Abdullah.

Lebih lanjut, ia juga memberikan arahan dan pesan kepada para atlet untuk lebih membuka diri, membangun jejaring yang lebih luas, mencoba hal-hal baru dan mulai merencanakan masa depan mereka.

"Jangan menutup diri, harus menjadi orang yang asyik. Saya berharap adik-adik berkawan dengan lebih banyak orang lagi supaya bisa mengatur cita-citanya mau kemana, jangan berhenti sampai di sini. Mulai sekarang harus dipikirkan matang-matang apa yang ke depan akan dilakukan," tutur Abdullah.

Sementara itu, salah satu atlet Kota Kediri peraih medali emas Joko Kuncoro Adi mengaku senang atas bonus yang diberikan. Menurut dia, bonus itu merupakan wujud apresiasi dari Pemerintah Kota Kediri atas jerih payah dan kerja keras yang dilakukan. Ia juga menceritakan rencananya ke depan dan pengalamannya selama mengikuti PON Papua.

"Selama mengikuti PON Papua, kendalanya hanya menyesuaikan diri dengan cuaca dan perbedaan waktu disana. Ke depan, rencananya saya mau balik ke Pelatnas untuk mengejar ke SEA Games dan membela Indonesia," ungkap Joko.

Bonus tersebut diberikan untuk pelatih dan atlet Kota Kediri yang meraih medali di ajang PON XX Papua 2021. Kegiatan penyerahan bonus itu berlangsung di Ruang Joyoboyo, Balai Kota Kediri, kepada satu orang pelatih, 11 atlet dari delapan cabang olahraga dan dua atlet ekshibisi dari cabang olahraga jujitsu.

Secara keseluruhan, atlet Kota Kediri menyumbang dua medali emas, empat medali perak dan tujuh medali perunggu. Dua medali emas diraih oleh Joko Kuncoro Adi dari cabang atletik estafet beregu dan Nurita Monica Sari dari cabang renang estafet gaya ganti.

Sedangkan untuk cabang ekshibisi, Kota Kediri mendapat satu medali emas dan satu medali perunggu dari cabang jujitsu. 

Baca juga: Wali Kota Kediri bangga atas prestasi dua atlet jujitsu di PON Papua 
Baca juga: UT berikan pembebasan UKT bagi peraih medali PON XX 
Baca juga: KONI Jatim siapkan bonus untuk cabang olahraga juara umum PON Papua 

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © 2021